Friday, February 10, 2012

Kisah Sukses

29 Cara Mendapatkan Uang dari Internet


Make Money Online

Dewasa ini tak ada yang bisa membantah jika internet telah menjadi salah satu tempat mendapatkan banyak uang dan penghasilan yang bahkan tidak terbatas. Hanya saja masih sangat banyak orang yang belum tahu dan mengerti benar bagaimana cara mendapatkan uang dari internet.
Jika sebelumnya anda telah mengenal blog dan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog (make money blogging), saya mau katakan bahwa itu ternyata masih kecil. Blog hanya bagian kecil dari besarnya potensi pendapatan di internet. Masih sangat banyak cara lain untuk bisa menghasilkan pendapatan online yang berlimpah tergantung keahlian dan kesukaan anda. Apa saja itu?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet bagi Anda yang Suka Menulis dan Berkomunikasi

Peluang mendapatkan penghasilan dari internet dengan keahlian seperti di atas antara lain:
  1. Blogging
    Anda bisa membuat dan mengelola blog dengan topik tertentu serta menghasilkan uang dari iklan yang ditayangkan di dalamnya. Sudah terlalu banyak orang yang berhasil menghasilkan ribuan bahkan hingga ratusan dollar per bulan hanya dari blog saja.
  2. Menjadi Penulis Artikel (English Writer)
    Jika bahasa Inggris anda baik dan tidak mengecewakan, maka menjadi penulis artikel berbahasa Inggris merupakan peluang mendulang pendapatan dari internet. Saat ini banyak blogger dan para pemilik website membutuhkan artikel yang baru dan unique, atau bisa berupa artikel review dari advertiser mereka.
  3. Menjadi Penulis Tamu (Guest Author)
    Blog atau situs yang sudah eksis biasanya membutuhkan kehadiran kontributor atau penulis tamu (guest author) untuk topik-topik tertentu dan dibayar tinggi. Rata-rata pendapatan seorang guest author di blog-blog berbahasa Inggris berkisar antara USD $5 s.d USD $500 per artikel. Untuk skala lokal Indonesia, saya sendiri percaya suatu saat akan banyak blog atau situs yang membutuhkan penulis tamu.
  4. Menjadi Forum Poster
    Banyak pemilik forum online membutuhkan tenaga freelance untuk melakukan posting sebanyak-banyaknya (asal bukan spam) di forum mereka sehingga kelihatan ramai dan bernilai. Nah, menjadi forum poster juga bisa memberikan kita penghasilan online yang lumayan.
  5. Membuat VideoBlog atau PhotoBlog
    Hampir serupa dengan blogging, tapi lebih pada membuat konten bukan yang tertulis, tetapi hanya berupa video atau gambar saja. Di luar negeri, blog-blog yang berbasis video atau gambar juga cukup memberikan peluang meraup penghasilan online, baik melalui iklan maupun penjualan blog tersebut.
  6. Menerjemahkan Dokumen
    Menjadi penerjemah dokumen (document translater) juga menjadi pilihan menarik untuk menghasilan uang dari internet. Human online translater bisa saja dibayar mahal asal hasil kerjanya juga bermutu tinggi. Hanya saja tidak semua orang bisa menjadi translater, hanya mereka yang menguasai skurang-kurangnya dua bahasa berbeda yang dapat melakukannya. Bukan begitu?
  7. Menjadi Konsultan Online
    Jika anda memiliki sebuah keahlian misalnya sebagai ahli gizi atau ahli pada tumbuh-kembang anak, maka anda bisa saja berprofesi menjadi konsultan secara online. Konsultasi secara online dapat dilakukan secara melalui chatting, situs/blog, media jejaring sosial seperti facebook, mailing list (milist), personal email atau media online lainnya. Untuk mendapatkan penghasilan dari layanan konsultasi online seperti ini, seorang konsultan bisa saja mensyaratkan sistem keanggotaan, atau bayaran per jam. Di luar negeri, konsultan online sangat marak dan mereka memang dibayar mahal.
  8. Membuat Ebook
    Anda bisa juga membuat ebook tentang hal-hal yang anda kuasai dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Nah, ebook ini selanjutnya dapat dijual dengan harga tertentu dan menjadi sumber penghasilan online kita.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet bagi Anda Suka Bermain Game

Anda suka bermain game online? Jangan khawatir. Internet tetap membuka peluang bagi anda untuk bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya?
  1. Menjual Game Money atau Credit Points
    Apa pun game online yang anda mainkan selalu saja ada jalan untuk menjual game money yang anda dapatkan menjadi uang sungguhan. Game money itu bisa saja berupa credit points untuk game tertentu, chips pada permainan online poker/casino dan sebagainya. Saat ini, chips poker sangat populer menghasilkan uang secara nyata. Banyak yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor online poker hanya untuk berburu chip poker dan menjualnya ke online gamers lainnya. Ini adalah cara termudah menghasilkan uang dari bermain online game, tanpa harus meninggalkan game anda!
  2. Mengikuti Turnamen atau Perlombaan Online Game
    Jika anda memiliki keahlian yang memadai untuk game tertentu di internet, maka peluang anda menjadi peserta online tournament bisa terbuka lebar. Jika anda menang dalam pertandingan online game tersebut, maka anda bisa mendapatkan sejumlah hadiah dalam bentuk yang dapat diuangkan secara tunai. Tertarik?
  3. Membuka Toko Online Aksesori Game
    Game-game tertentu yang memiliki penggemar yang banyak memiliki daya tarik bisnis yang tidak kecil. Online poker misalnya. Anda dapat saja membuat toko online atau apapun bentuknya untuk menjual aksesori yang berbau game poker kepada online gamers lainnya, baik berupa baju kaos, topi, pin atau pernak-pernik lainnya. Ini bisa menghasilkan uang juga lho!
  4. Menjadi Pengamat Game (Game Reviewer)
    Anda bisa juga menjadi pengamat game online (hampir mirip dengan pengamat sepakbola) dan mempublikasikan hasil analisis dan review anda atas game-game tertentu melalui sebuah blog atau situs khusus dibuat untuk itu. Di internet, orang-orang biasanya mencari informasi tentang baik buruknya sebuah online game sebelum mencobanya. Nah, jika anda memiliki situs review online game dan ternyata itu menjadi populer, maka anda bisa menghasilkan uang dari situs tersebut. Apakah anda bisa menyediakannya?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet bagi Anda Suka Menjadi Penghubung (Broker)

Anda suka menjadi broker atau penghubung dengan orang lain? Ada beberapa peluang bagi anda untuk bisa menghasilkan uang dari internet melalui aktivitas tersebut. Apa saja?
  1. Menjadi Broker Link
    Menjadi broker link bagi beberapa orang memang mengasyikkan. Anda tidak perlu memiliki blog untuk bisa menghasilkan uang, hanya dibutuhkan keterampilan untuk menghubungkan antara pemilik blog (blogger) dengan calon pemasang iklan (advertiser). Untuk ini, anda bisa menawarkan harga link serendah-rendahnya kepada para blogger, tetapi bernegosiasi untuk mendapatkan bayaran tinggi dari advertiser. Nah, margin antara harga yang anda dapatkan dari advertiser dengan harga yang disetujui oleh blogger menjadi penghasilan online anda. Menarik bukan?
  2. Menjadi Broker Domain atau Situs
    Anda juga bisa sekaligus menjadi broker domain. Saat ini domain-domain yang memiliki kata kunci yang bagus (premium domain), dan domain yang memiliki spesifikasi ‘lebih’ (pagerank, backlinks, usia domain) ternyata semakin tinggi harganya dibanding dengan domain biasa. Nah, di internet, ada saja orang yang bekerja online hanya dari membeli domain, mengelolanya hingga mendapatkan spesifikasi tertentu, dan kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. Nah, untuk menjadi broker anda tidak perlu melakukan semua rangkaian itu. Anda hanya perlu mencari penjual domain atau situs, meminta daftar domain dan harganya, lalu kemudian mencari calon pembeli dengan menawarkan harga yang lebih tinggi dari penjual aslinya. Anda dapat untung, bukan?
  3. Menjadi Broker Produk
    Tidak sedikit orang yang malas menghabiskan waktunya untuk menawarkan produk tertentu di internet. Karena itu, mereka kadang mencari orang lain yang bertindak sebagai perantara (broker) dengan imbalan komisi dalam jumlah tertentu melalui program affiliasi. Nah, anda juga bisa melakukan hal yang sama: menjadi broker atau affiliator!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet bagi Anda Suka Membuat Program/Software

Jika anda memiliki keahlian tertentu dalam hal pembuatan program di internet, maka peluang mendapatkan penghasilan sangat terbuka lebar dan tidak banyak pesaing. Apa saja itu?
  1. Membuat Software dan Aplikasi Online
    Membuat software atau aplikasi fungsional tertentu memang mebutuhkan keahlian dan karena itu tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Ini artinya, jika anda bisa menghasilkan sebuah software yang bermanfaat, maka anda dapat saja menjualnya di internet dan menghasilkan uang dari produk itu!
  2. Menjadi Web Designer/Web Developer
    Anda akan sangat beruntung jika memiliki keahlian menjadi web designer atau web developer. Anda bisa saja menjual jasa anda di internet dan mendapatkan penghasilan dari situ.
  3. Menjadi Theme Designer
    Jika anda bisa membuat theme (template) untuk platform situs atau blog tertentu, maka ini juga bisa menjadi sumber penghasilan online dengan cara menjual copyright dan hak penggunaan hasil karya anda itu ke orang lain. Apalagi jika karya anda benar-benar berkualitas!
  4. Membuat Mesin Pencari Sendiri
    Beberapa developer PHP terjun ke bidang ini dan menghasilkan passive income dari internet. Saya mengenal seorang PHP developer dari Paris Perancis yang menghasilkan ratusan juta rupiah hanya dari situs pencari PDF , ebook dan MP3 yang dibuatnya. Nah, bagaimana dengan anda?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet bagi Anda Tidak Berminat Kerja di Dunia Nyata

Ada juga di antara kita yang mungkin tidak berminat untuk bekerja secara offline di dunia kerja nyata sehari-hari. Nah, berikut ini adalah sejumlah peluang yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan bulanan yang tidak terbatas dari internet.
Membuat Toko Online
Jika anda memiliki produk tertentu dan bermaksud menjualnya secara online, anda bisa membuat toko online. Membuat toko online pada dasarnya tidak mengharuskan anda punya produk sendiri. Anda juga bisa menjualkan produk milik orang lain secara langsung maupun tidak langsung. Jadi sebuah toko online bisa menjadi sumber penghasilan bagi anda meskipun anda tidak punya produk sama sekali, hanya mengandalkan produk orang lain.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Jika Anda Memiliki Modal Memadai

Nah, khusus untuk level ini, peluang menghasilkan uang dari internet terbuka sangat lebar bagi mereka yang punya modal memadai. Bagaimana caranya?
  1. Membeli Situs/Blog yang Potensial Menguntungkan
    Anda bisa membeli situs atau blog yang berpotensi besar menghasilkan uang di masa mendatang. Hal ini butuh kejelian tersendiri, terutama bagaimana membaca kecenderungan pergerakan bisnis internet dan peluang yang ada. Tidak sedikit orang yang berhasil dengan keuntungan berlipat ganda dari bisnis semacam ini.
  2. Menjadi Forex Trader
    Jual beli mata uang asing (foreign exchange) juga menjadi sebuah peluang bisnis di internet. Tetapi hal ini selain membutuhkan modal, juga keahlian dalam membaca pergerakan mata uang dunia. Jika anda merasa bisa sukses dengan jalur bisnis online ini, maka lanjutkan!
  3. Jasa Konversi Mata Uang Online
    Ada sejumlah alat pembayaran online yang rate-nya selalu mengikuti perkembangan nilai tukar uang dunia. Misalnya paypal, eGold, PerfectMoney dan sebagainya. Nah, peluang bisnis bisa terbuka di sektor ini. Misalnya saja anda melayani penukaran paypal menjadi mata uang lokal dengan memakai kurs anda sendiri yang tentunya lebih tinggi di bandingkan dengan kurs normal. Beberapa blogger Indonesia melakukan bisnis seperti ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Jika Anda Punya Waktu Memadai

Jika anda punya waktu senggang yang memadai, maksud saya adalah jika tidak ada aktivitas lain yang membutuhkan perhatian ekstra, maka berikut ini adalah beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet:
  1. Menjadi Online SEO Submitter
    Banyak pemilik website, blog atau pekerja SEO membutuhkan layanan submission seperti search engine submissions, social bookmarking submissions, article submissions, social media submission dan sebagainya. Nah, yang anda butuhkan adalah waktu untuk melakukan submission tersebut. Ini sesungguhnya pekerjaan yang sangat mudah dan bisa dikerjakan meskipun tidak memiliki skill yang tinggi. Di India, sebagian besar siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa bekerja paruh waktu sebagai online submitter. Anda tertarik?
  2. Mengikuti Program Online Survey
    Banyak program online survey yang bisa memberikan kita penghasilan yang lumayan. Yang anda perlu lakukan hanyalah mengisi sejumlah pertanyaan survey dan anda dibayar untuk itu.
  3. Menjadi Tenaga Data Entry
    Perusahaan-perusahaan yang begerak di bidang riset dan marketing biasanya mengerjakan banyak program yang membutuhkan manajemen data yang komplit. Nah, ini kemudian membuka peluang untuk menghasilkan uang secara online dengan menjadi tenaga data entry.
  4. Mengikuti Kontes Online
    Selalu saja ada kontes online dengan sejumlah hadiah menarik, termasuk uang. Nah, anda bisa ikut sebagai pesertanya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Jika Anda Memahami Teknik SEO

Jika anda mengenal dan memahami teknik search engine optimization (SEO), maka peluang mendapatkan uang dari jasa anda akan sangat terbuka lebar. Bagaimana caranya?
  1. Menjadi Link Builder
    Link builder hampir mirip menjadi link broker. Hanya saja, link builder sedikit lebih di atas dari pada link broker, karena dengan menjadi link builder, kita sesungguhnya yang menentukan harga link yang akan kita beli karena sejumlah budget SEO biasanya sudah disediakan terlebih dahulu oleh client kita.
  2. Menjadi Konsultan SEO
    Anda juga bisa menggunakan keahlian di bidang SEO dengan bertindak sebagai konsultan dengan tarif tertentu. Biasanya, seorang konsultan SEO juga sekaligus merupakan link builder dan web designer.
Demikian 29 cara mendapatkan uang dari internet yang saya rangkum dari berbagai sumber di internet dan sejumlah diantaranya sementara saya geluti saat ini. Intinya hanya satu, FOKUS!
Masih sangat banyak peluang bisnis online yang bisa kita geluti. Anda juga bisa berpartisipasi menambahkan peluang usaha lainnya dengan memberikan komentar di sini.
Selamat mencoba!






Suasana saat IPO LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu bisnis internet yang lahir dari ide sederhana, yakni menghubungkan orang sesuai dengan latar belakang profesinya. Kini, LinkedIn menjelma menjadi salah satu perusahaan berbasis internet dengan valuasi yang bahkan hampir menyaingi Google, si raksasa mesin pencari di dunia!
Nah, pada kesempatan ini, saya mau sharing artikel yang menceritakan kisah sukses LinkedIn hingga mampu melantai di bursa saham New York dan meraih perhatian yang luar biasa dari para investor dunia.
Bel berdering. Disusul tepuk tangan membahana. Riuh. Lelaki tambun itu terlihat bersemangat. Bertepuk lebih kencang. Orang-orang memandangnya sembari girang. Memakai kemeja biru dibalut jas hitam tanpa dasi, laki-laki itu menebar wajah sumringah.
Kamis 19 Mei 2011, itu Reid Hoffman adalah manusia paling berbahagia di Bursa Saham New York. Pagi itu perusahaan miliknya, Linkedln, resmi melantai di pasar saham. Ratusan investor datang pada penawaran saham perdana ini. Didirikan tahun 2003, Linkedln go public dalam usia 8 tahun.
Siapa Reid Hoffman tak banyak yang tahu. Linkedln juga begitu. Hanya sohor di kalangan pekerja professional. Tetapi sesudah melantai di bursa itu, nama keduanya melesat ke seluruh dunia. Linkedln dan Reid Hoffman. Dan itu karena harga saham perusahaan itu meroket tinggi.
Saham yang awalnya ditawarkan seharga US$45 per lembar, terbang hingga menyentuh US$122,70. Lebih dari dua kali lipat dari semula. Di tengah terlelapnya saham sejumlah perusahaan raksasa dunia, Linkedln memukau para pialang.
Kamis dua pekan lalu itu, misalnya, bermil jauhnya dari New York, sebuah perusahaan tambang raksasa masuk bursa saham di London.
Glencore International, nama perusahaan yang didirikan tahun 1974 itu, adalah salah satu jawara di bisnis pertambangan. Tapi semenjak tawaran perdana itu, saham Glencore seperti tertidur. Harga nyaris tidak bergerak. Saham sejumlah perusahaan raksasa lain hanya beringsut seperti siput.
Itu sebabnya, lonjakan saham Linkedln itu membetot mata para investor. Bukan cuma saham, valuasi Linkedln juga melonjak berlipat kali. Semula ditaksir US$4 miliar. Jumlah yang dikritik banyak orang sebab dinilai terlampau menjulang.
Tapi kini, sesudah keajaiban itu, hampir tak ada yang bersuara miring ketika perusahaan itu divaluasi di bilangan US$9 miliar. Setara dengan Rp77 triliun. Tertinggi untuk perusahaan internet manapun sesudah IPO Google tujuh tahun silam.
Saham dan valuasi melonjak, pundi Reid Hoffman juga langsung meledak. Ia menyusup masuk ke daftar para triliuner dunia. Mengantongi 20 persen saham Linkedln, jumlah kekayaannya melesat ke bilangan US$1,8 miliar. Setara dengan Rp15 triliun.

Reid Hoffman, Sang Pendiri LinkedIn

Reid Hoffman - pendiri LinkedInReid Hoffman sesungguhnya bukan nama baru dalam dunia dot-com. Walau tak setenar para selebriti entrepreneur internet macam Larry Page, Sergey Brin, Jerry Yang, Mark Zuckerberg, Biz Stone, atau Jack Dorsey, Hoffman sudah lama bergelut di industri dunia maya itu.
Bertahun-tahun bergelut di situ, ia lebih banyak di belakang layar. Pria berusia 43 tahun ini dijuluki sebagai ‘Orang Bijak Silicon Valley’. Modalnya tersebar di 80 perusahaan teknologi seperti Facebook, Groupon, Flickr, LastFM, dan Zynga.
Adalah Hoffman yang menjembatani pertemuan antara Mark Zuckerberg dengan Peter Thiel, orang yang kemudian menjadi investor luar pertama pada jejaring sosial Facebook.
Dan ia bukan sekedar investor. Jebolan Universitas Stanford dan Oxford itu menjadi guru bagi sejumlah pebisnis muda. Hoffman, misalnya, menjadi mentor bisnis Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook itu.
Sejumlah pebisnis di Silicon Valley menyebutnya sebagai visioner sejati. Bertangan dingin. Hasilnya jelas. “Ia telah memperoleh pengakuan yang memang pantas, sebagai model entrepreneur sekaligus investor. ” ujar Ron Conway, sesepuh investor Silicon Valley, dikutip dari sebuah kolom SiliconValley.com.
Reid Hoffman sudah lama membenam diri di dunia teknologi. Semenjak 19 tahun silam. Semula bekerja untuk Apple, kemudian pindah ke Fujitsu Software. Dari dua perusahaan itu ia mengaku mempelajari tiga hal penting. Merencanakan sebuah produk, membangun, lalu meraih konsumen.
Matang untuk urusan tiga hal itu, Hoffman lalu mendirikan perusahaan sendiri. Bersama sejumlah kawannya, tahun 1997, mendirikan jejaring sosial kencan pertama Socialnet.com. Sayang usaha ini kurang bergigi. Meski tak mati, sukses juga tidak.
Hidup tak menentu, Reid bertahan dua tahun di situ. Kemudian bergabung dengan layanan pembayaran online PayPal.
Di sini ia bertanggungjawab atas sejumlah hal. Mengurusi hubungan eksternal, infrastruktur pembayaran, pengembangan bisnis, urusan hukum dan pemerintahan.
Karirnya terus menanjak. Sebagai Executive Vice President, Reid adalah juru kunci proses akusisi Paypal oleh eBay pada 2002. Atas peran besarnya itu, ia mengantungi US$10 juta. Duit itulah yang kemudian yang dibenamkan dalam bisnis online.
Meski tahun-tahun itu adalah masa di mana investor trauma dengan internet bubble, Hoffman justru membenam uangnya di industri online. Ia menaruh dana di jejaring sosial Friendster, Facebook, Six Apart, dan memulai usaha yang kini melambungkan namanya, LinkedIn.
Bagi Hoffman, krisis ekonomi yang menghempas dot-com, justru saat yang tepat memulai usaha. “Membentuk kemitraan lebih mudah, merekrut orang lebih mudah, dan kompetisi baru datang belakangan,” kata Hoffman pada sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Sejarah Singkat LinkedIn








Logo LinkedIn
Sesudah merekrut sejumlah professional, Linkedln diluncurkan pada tahun 2003. Dia mengundang 350 kenalan bergabung ke LinkedIn. Profil mereka dimuat di situs itu.
Di akhir bulan, LinkedIn berhasil menjaring 4500 anggota. Jejaring sosial itu adalah terminal orang-orang professional. Bertemu satu sama lain. Mempermudah pengguna mencari tempat kerja di perusahaan baru. Juga sebaliknya, memudahkan perusahaan menemukan professional yang dibutuhkan.
Dan inilah rahasia kesuksesan Linkedln. Kebanyakan orang tidak mau mencampurkan kehidupan pribadi dengan kehidupan karir mereka. Mungkin mereka akan senang mengunggah berbagai foto pribadi pada suatu acara pesta ke akun Facebook. Tapi mereka tidak sudi foto-foto itu dilihat perusahaan yang mungkin merekrut.
Darimana Linkedln mendapat uang? Banyak cara yang ditempuh. Dari anggota yang terdaftar, penjualan iklan dan lowongan kerja. Berbeda dengan jejaring sosial lain macam Facebook dan Twitter yang bergantung pada iklan, porsi pendapatan LinkedIn yang signifikan – hingga dua pertiganya – berasal dari fee yang dikutip dari jasa pencarian kerja. Dengan cara itu sumber keuangan rutin dan pasti.
Kini perusahaan yang bermarkas di Mountain View California itu memiliki 1300 karyawan. Setiap detik, anggota baru bergabung ke LinkedIn. Saat melantai di bursa dua pekan lalu itu, perusahaan ini memiliki lebih dari 100 juta anggota dari 200 negara.
Bukan cuma Hoffman yang sumringah pada acara peluncuran saham perdana itu. Jefrrey Weiner, Chief Executive LinkedIn yang sebelumnya sempat menjadi eksekutif di Yahoo, juga girang bukan kepalang. Dia memiliki 2 persen saham di situ. Total nilai U$ 230 juta.
Rejeki nomplok itu juga dinikmati beberapa perusahaan modal ventura yang sepanjang masa-masa sulit setia menyokong perusahaan itu. Sequoia Capital, misalnya, menanam uang US$ 4,7 juta pada 2003 dan memiliki 17,8 persen saham. Kini nilai sahamnya melonjak ke bilangan US$1,6 miliar.
Greylock Partners, yang pada 2004 menanam modal US$ 10 juta, sekarang total nilai sahamnya berkisar US$ 1,3 miliar. Bessemer Venture Partners, pemilik 4,8 persen saham yang pada 2007 menyuntik US$ 12,8 juta, kini memanen sekitar US$ 430 juta.

Ledakan Saham LinkedIn – Booming dot-com?

Mengapa nilai saham Linkedln melaju tinggi. Banyak jawabannya. Ada yang menyebut masa depan perusahaan ini memang menjanjikan. Banyak pula yang menilai bahwa momentum masuk bursa juga melambungkan harga saham.
Dengarlah kata sejumlah ahli berikut ini. “LinkedIn mendapat keuntungan sebagai pihak pertama yang go public,” kata Lee Simmons, analis dari Hoover’s, sebuah perusahaan riset IPO, kepada Wall Street Journal. Para pialang juga ramai-ramai memburu saham ini, lantaran yang dilepas ke publik cuma sedikit. Sepuluh persen.
Dengan prosentase sekecil itu, jumlah saham yang ditawarkan cuma 7,84 juta. Bandingkan dengan IPO Google Agustus 2004, yang melepas 20 juta lembar saham ke pasar bursa.
Sejumlah analis bursa saham juga menyebutkan bahwa valuasi perusahaan ini terlampau tinggi. Sebab pendapatan tahun lalu cuma US$243 juta. “Kita jelas-jelas sedang melihat valuation bubble,” Kata Managing Director of Hummer Winblad Venture Partners, Mitchell Kertzman.
Valuasi yang terlampau tinggi memang mendorong harga saham bergerak liar. Lihatlah perusahaan software VMware yang masuk bursa Agustus 2007. Tak lama setelah melantai, saham VMware melonjak 76 persen. Tapi 13 bulan kemudian turun tajam, hingga di bawah harga penawaran awal sebesar US$29.
Contoh lain, yang belum lama terjadi adalah peluncuran perdana saham jejaring sosial raksasa China, RenRen. Hari pertama ditawarkan seharga US$14 dan ditutup pada US$18, atau 28,6 persen di atas harga IPO –nya di bursa NYSE. Tiga pekan setelah debut pertama itu saham RenRen ‘kembali ke laptop’: US$14 per lembar.
Sejumlah pebisnis lain menilai bahwa jika kini harga saham Linkedln melonjak, itu karena para investor sedang haus akan pertumbuhan. Para pialang bursa sudah lama tidak pernah merasakan saham yang melonjak cepat. “Saya pikir ini akan menjadi sebuah katalis (terjadinya Internet bubble – red),” ujar CEO Global Silicon Valley Asset Management Michael Moe.
Namun, Aaron Levie, CEO Box.net sebuah perusahaan layanan penyimpanan data di Internet, melihat dari sisi yang berbeda. Menurut Levie, valuasi LinkedIn — Facebook dan sejumlah perusahaan dot-com yang hendak IPO –, melejit sebab mereka sudah memiliki bisnis model yang menjanjikan.
Potensi pendapatan di masa depan itu bukan janji kosong belaka. Bisnis dot-com jaman sekarang, lanjutnya, berbeda dengan tahun 1990-an. “Sekarang Silicon Valley sudah kembali dan jauh lebih sehat,” kata Levie kepada kantor berita AP.
Hal yang sama dikatakan oleh Ben Horowitz, pendiri perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz. Lewat blognya, Horowitz panjang lebar menguraikan bahwa valuasi pasar yang tinggi tidak menjadi masalah selama ada landasannya.
Horowitz membandingkan kondisi empat perusahaan teknologi yang selamat dari era bubble di akhir tahun 90-an dengan kondisi mereka saat ini. Ternyata dengan menghitung rasio Enterprise Value-to-Revenue multiple (EV/Rev), Price-to-Earnings multiple (PE), dan PEG, ia menyimpulkan bahwa valuasi di era bubble 10 kali lebih tinggi dari valuasi saat ini.
Horowitz menegaskan bahwa tidak semua parameter sepuluh tahun lalu itu bisa dibandingkan dengan kondisi sekarang. Sebab, rasio PE beberapa perusahaan di masa lalu itu tidak berarti, karena laba bersih mereka saat itu negatif.
“Kita bisa melihat tanda-tanda bubble saat ini. Tapi perlu diingat bahwa tanda-tanda bubble mirip sekali dengan tanda-tanda ledakan pertumbuhan (boom). Faktanya, itu biasanya dikatakan bubble, sampai semua orang pada akhirnya sepakat bahwa itu adalah ledakan pertumbuhan.”

Prospek Bisnis Internet

Apa yang terjadi dengan Linkedln, mirip seperti saat Netscape Communications melakukan IPO pada 1995. Sesudah raksasa internet itu, sejumlah perusahaan dotcom berbondong-bondong masuk bursa. Antara lain Webvan Group dan Amazon.com.
Para pialang memastikan bahwa kesuksesan Linkedln akan disusul kesuksesan sejumlah perusahaan dot-com yang segera masuk bursa. Kini pasar saham kian bergairah mencermati rencana IPO beberapa perusahaan internet populer lain.







Mulai dari jejaring mikroblog Twitter, jejaring sosial game Zynga, situs kupon Groupon, dan tentu saja Facebook, jejaring sosial terpadat di dunia yang memiliki lebih dari setengah miliar anggota.
Dari sejumlah perusahaan itu, memang belum ada yang memastikan kapan go public itu digelar. Namun santer diberitakan bahwa Facebook kemungkinan akan mendaftarkan IPO sebelum Mei 2012.
Sesudah pasar begitu bersemangat memburu saham LinkedIn, sejumlah analis memastikan bahwa saham Facebook juga bakal ramai diburu pebisnis dunia. Valuasinya juga bakal melejit.
Fresh Store Builder - The Most Advanced Amazon Affiliate SoftwareMajalah Forbes bahkan menghitung bahwa valuasi Facebook melebihi nilai perusahaan-perusahaan seperti Lockheed Martin, Boeing, Sony, Nike, dan puluhan perusahaan raksasa otomotif dunia. Awal tahun ini, lembaga keuangan Goldman Sachs Group menaksir valuasi Facebook sekitar US$50 miliar.
Bertumpu pada hitungan itu, valuasi Facebook pada 2012 diperkirakan berlipat ganda menjadi US$ 100 miliar. Pada tulisannya pekan ini, pendiri situs teknologi TechCrunch, Michael Arrington sempat berandai-andai bahwa bila IPO Facebook digelar hari ini. Bila pasar terus menggila, bukan tidak mungkin kapitalisasi pasar Facebook dalam waktu singkat melampaui valuasi Google yang saat ini diperkirakan senilai US$ 170 miliar.

“Mungkin saja dalam waktu singkat Facebook menyentuh US$ 200 miliar. Sekarang saja, di pasar sekunder mereka sudah seharga US$ 75 miliar. Jadi, kenapa tidak?” kata Arrington.
Buy Blog Posts and Reviews for your Website with Posts GeniusSenilai US$200 miliar? Bila dikonversi sekitar Rp 1.700 triliun. Jumlah itu melebihi target belanja negara kita tahun ini sebesar Rp 1.229,6 triliun. Bila itu hitung-hitungan itu benar terjadi, bisa dibayangkan betapa sumringahnya wajah Zuckerberg saat itu. Melebihi keriangan si wajah tembem Hoffman, saat memijit bel di lantai bursa dua pekan lalu itu.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.comCara Mendapatkan Uang dari Blog Melalui Posts Genius

<p>Your browser does not support iframes.</p> Mendapatkan uang dari blog menjadi impian banyak pebisnis online, apalagi jika bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan. Semuanya memang memungkinkan, malah sangat memungkinkan!
Seperti yang sudah pernah saya jelaskan dalam artikel 29 cara menghasilkan uang dari internet, mendapatkan uang dari blog hanyalah salah satu “cara kaya” dari internet, di luar blog, masih ada banyak sekali peluang lain yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang dollar yang bahkan tidak terbatas!
Saya sendiri masih lebih banyak berkecimpung di dunia blogging untuk mendapatkan penghasilan reguler setiap bulan. Nah, bagaimana dengan Anda?
Nah, kali ini saya mau memperkenalkan lagi sebuah layanan paid review yang masih terbilang baru dan belum cukup populer, terutama di tanah air, yaitu Post Genius. Ini adalah perusahaan sponsored review dengan nama resmi yang terdaftar sebagai BackLinks Genius Ltd, dan berpusat di kota Rushden, England.
Make Money Blogging with PostGenius
Make Money Blogging with PostGenius

Saya sendiri cukup antusias dengan perusahaan-perusahaan blog advertising, terutama yang beroperasi dari Inggris. Selain karena terkenal dengan reputasi dan profesionalisme mereka, sebagian besar bisnis online yang dibesut dari Inggris memang terbilang sangat “siap” dan bisa diandalkan dalam waktu lama, jadi tidak abal-abal. :)

Cara Bergabung di Post Genius

Bergabung dengan PostGenius sangat mudah, semudah ketika kita mendaftar di Sponsored Reviews, Blogsvertise atau program paid review lainnya. Cara kerjanya pun serupa dengan Sponsored Review, selain kita bisa mencari sendiri job review yang tersedia di Marketplace mereka, kita juga bisa langsung dihubungi oleh Advertiser yang tertarik membeli review di blog yang kita daftarkan.
Bukan hanya itu. Blogger juga bisa mendapat bayaran antara $5 hingga $1000 USD untuk setiap review yang dikerjakan dengan benar, tergantung dari kualitas blog yang kita daftarkan.
Cara Kerja PostGenius
Cara Kerja PostGenius.com - Program Paid Review

Keunggulan Post Genius

Post Genius memiliki sejumlah keunggulan yang mereka sebut sebagai “Intelligent Features“, antara lain:
  • Blogger bisa memilih kategori job review yang mereka mau kerjakan berdasarkan kategori blog yang didaftarkan
  • Jika blogger bisa mengerjakan job review tepat waktu dengan kualitas yang dipersyaratkan, maka akan ada poin atau score. Semakin tinggi score seorang blogger, maka akan semakin banyak job yang akan diterimanya.
  • Harga bayaran job review yang relatif tinggi. Saat menuliskan review tentang Post Genius ini, saya baru saja mendapatkan sebuah job review bernilai $55 USD. Ini sekaligus ebagai job review yang pertama saya terima dari Post Genius, karena saya juga baru bergabung 3 hari lalu dengan mendaftarkan 1 buah blog saja.
  • Pembayaran dikirim setiap minggu melalui Paypal, berbeda dengan Sponsored Reviews yang melakukannya setiap 2 minggu sekali.
Make Money Blogging with Posts GeniusSecara umum, Post Genius memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka dengan sejumlah fitur baru, dan tentunya bisa bersaing dengan layanan paid review lainnya yang sudah lebih dulu kita kenal.
So, tunggu apa lagi? Segera daftar di Post Genius!


 embahasan tentang cara mendapatkan uang dari blog ini adalah topik yang klasik, tapi masih selalu ingin diketahui oleh banyak orang, terutama mereka yang memang baru mengenal dunia blog dan make money blogging. Sebelumnya saya juga sudah pernah membahas tentang 29 cara mendapatkan uang dari internet.
Nah, pada postingan ini saya hanya akan menjelaskan cara-cara untuk mendapatkan uang dari blog yang pernah dan masih saya lakukan. Saya berharap rekan-rekan blogger yang sudah malang melintang dalam dunia make money blogging, supaya bisa menambahkan peluang-peluang lainnya, yang bisa ditempuh bagi mereka yang mengelola blog sehingga bisa menghasilkan uang.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog






make money blogging
Untuk membahas secara detail seputar tata cara menghasilkan uang dari blog, maka terlebih dahulu saya merasa perlu mengelompokkan sejumlah potensi sumber penghasilan dari sebuah blog, antara lain melalui program blog advertising, affiliate program, direct selling, dan selling blogs.
Nah, pada postingan bagian pertama tentang cara mendapatkan uang dari blog kali ini, saya hanya akan menjelaskan seputar program blog advertising saja. Insya Allah jika masih diberikan kesehatan oleh-Nya, saya akan menjelaskan tentang affiliate program, direct selling, dan selling blogs pada postingan berikutnya.
Sebagaimana kita ketahui, dunia blog advertising seolah tidak pernah ada akhirnya. Setiap saat pebisnis online membutuhkan blog untuk memasang iklan mereka, baik berupa iklan text (text link) maupun iklan banner (banner ads). Jika kita punya sebuah blog, maka kita bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan text atau banner di blog yang bersangkutan.
Secara khusus, blog advertising kita bisa kelompokkan lagi menjadi beberapa model, dengan tidak menutup kemungkinan adanya model lain yang tidak saya jelaskan di sini.

Mendapatkan Uang dari Blog dengan Menjual Link (Paid Links)

Catatan: yang saya maksud paid link di sini adalah link yang terpasang sebagai blogroll atau link lain dalam bentuk sederhana yang diletakkan di sidebar sebuah blog, atau di bagian halaman depannya saja, bukan link di dalam postingan/review.
Menjual link (blogroll) adalah salah satu cara paling mudah menghasilkan uang dari sebuah blog, apalagi jika blog kita punya pagerank (PR) yang tinggi. Pagerank adalah ranking sebuah blog di internet, dilihat dari sejumlah indikator, termasuk kualitas, popularitas, backlinks dan sebagainya.
Berdasarkan pengamatan saya di dunia bisnis blog selama ini, jika sebuah blog sederhana punya PR3, harga rata-rata sebuah linknya adalah sekitar $30-$50 per tahun. Ini hanya harga rata-rata, karena acapkali juga kita bisa mendapatkan advertiser yang membeli link dengan harga yang cukup tinggi. Apatah lagi jika blog kita punya PR7 atau PR8. Wow, dahsyat!
Nah, berapa link yang bisa kita jual dari sebuah blog? Pertanyaan yang bagus. Sejatinya tidak ada yang melarang kita menjual link sebanyak apapun di sebuah blog, makanya penghasilan sebuah blog hanya dari menjual link saja sudah bisa luar biasa. Saya pernah coba menghitung potensi sebuah blog PR3 hanya dari paid link saja sudah bisa menghasilkan uang sekitar 10 juta rupiah!
Hanya saja, ada sejumlah pertimbangan mengapa kita dianjurkan untuk membatasi penjualan link di sebuah blog. Di antaranya adalah, jika sebuah blog memiliki terlalu banyak link yang mentaut situs lain, maka kemungkinan besar blog tersebut akan dipenalti (suspended) oleh Google.
Google sebenarnya tidak membolehkan praktek jual beli link untuk meningkatkan popularitas dan ranking sebuah situs, apalagi jika link yang terpasang di blog kita mengarah kepada situs lain yang tidak relevan dengan konten blog kita, terutama yang berbau pornografi (porn), obat-obatan terlarang (pharma) dan judi (gambling).
Makanya, banyak advertiser yang menghendaki link yang dia pasang tidak diberikan judul sebagai paid links, sponsored links, dan nama lain yang bisa mengindikasikan bahwa link tersebut adalah link berbayar.
Selain itu, jika sebuah blog sudah memiliki lebih dari 20 link yang mengarah ke luar blog tersebut (outbound links/outgoing links), maka para pembeli link (advertiser) biasanya sudah enggan membeli link lagi di blog itu. Kalaupun mereka mau beli link, biasanya harga yang mereka tawarkan sudah jauh dari harga normalnya. Anda mau? :)
Pertimbangan lain untuk membatasi jumlah link berbayar di blog kita adalah untuk membuat pengunjung (visitor) masih tetap nyaman dengan tampilan blog kita, karena tidak terlalu terpapar dengan berjubel link yang mereka tidak perlukan sama sekali.
Secara umum, semakin sedikit jumlah link berbayar di sebuah blog, maka semakin tinggi harga link yang bisa terjual dan akan semakin aman blog tersebut dari ancaman banned dari mesin pencari.
Nah, bagaimana caranya menjual link di blog kita? Secara umum ada 2 cara, yaitu:
  1. Secara langsung mencari calon pembeli link (advertiser) melalui forum-forum webmaster di internet atau menunggu tawaran pembelian link yang datang secara langsung ke blog kita melalui halaman kontak (inilah pentingnya menambahkan halaman CONTACT US di blog kita), atau alamat email dari WHOIS domain blog kita.
  2. Secara tidak langsung, bisa melalui perusahaan paid links yang bertindak sebagai perantara (broker), atau melalui seseorang yang bekerja sebagai links broker. Hanya saja, biasanya harga broker relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga link melalui penawaran langsung.


Mendapatkan Uang dari Blog dengan Paid Review

Paid review dapat diartikan sebagai artikel berisi ulasan tentang produk, orang, perusahaan atau jasa tertentu, yang dipublikasikan di sebuah blog dengan mencantumkan kata kunci yang mewakili produk, orang, perusahaan atau jasa tersebut, yang ditautkan ke alamat situs yang bersangkutan.
Program paid review ini adalah sumber penghasilan yang cukup nyaman dilakoni oleh para blogger, malah saya melihat sebagian besar penghasilan seorang blogger pada tahap-tahap awal berada pada level ini.
Berapa harga dari sebuah paid review? Nah, ini cukup relatif, tergantung dari kualitas blognya sendiri. Sebagai gambaran, blog sederhana yang memiliki PR3 sudah bisa menghasilkan antara $10-$20 per review. Ada juga blog yang malah bisa mendapatkan bayaran hingga $500 per satu postingan review. Luar biasa, bukan?
Lalu, berapa banyak review yang bisa kita posting di sebuah blog? Jawabannya tidak terbatas! Artinya, sepanjang advertiser masih mau membeli review di blog kita, maka pundi-pundi uang hasil dari blogging akan terus bertambah. Sekarang coba bayangkan sudah berapa penghasilan sebuah blog PR3 hanya dari menjual link dan review saja? :)
BTW, bagaimana caranya memasarkan blog kita untuk mendapatkan job review? Secara umum ada 2 jalan, yaitu:
  1. Secara langsung mencari calon pembeli review (advertiser) melalui forum-forum webmaster di internet atau menunggu tawaran pembelian review yang datang secara langsung ke blog kita melalui halaman kontak (inilah pentingnya menambahkan halaman CONTACT US di blog kita), atau alamat email dari WHOIS domain blog kita.
  2. Secara tidak langsung, bisa melalui perusahaan paid reviews yang bertindak sebagai perantara (broker), atau melalui seseorang yang bekerja sebagai broker. Hanya saja, biasanya harga review yang melalui broker relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga review yang melalui penawaran langsung.
  3. Pertanyaan selanjutnya, yang sekaligus menjadi tantangan adalah, bagaimana membuat blog yang bisa menarik minat para advertiser untuk membeli link atau postingan review di dalamnya? Jawaban atas pertanyaan ini tidak akan saya jelaskan di sini, karena sudah menjadi bahan pelajaran di AstaMedia Blogging School. :D Promo mode on!

    Menghasilkan Uang dari Blog Melalui Program Paid Banner

    Nah, kita sudah membahas tentang potensi penghasilan blog dari paid links dan paid review. Nah, sekarang kita akan membahas tentang peluang lain yang bisa menghasilkan uang di sebuah blog, yaitu paid banner. Paid banner atau iklan banner yang berbayar di sini berbeda sama sekali dengan program blog monetizing lain yakni Pay Per Click (PPC).
    Yang saya maksud paid banner di sini adalah space iklan banner yang kita jual ke advertiser dengan harga flat dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, ada advertiser yang memasang sebuah banner berukuran 728×90 px di header blog kita untuk jangka waktu 3 bulan dan membayarnya dengan sejumlah uang. Jadi, meskipun iklan bannernya tidak ada yang klik, tapi kita tetap akan dapat bayaran yang sudah tetap setiap bulannya atau setiap periode waktu tertentu.
    Nah, berapa jumlah banner yang bisa kita jual di sebuah blog? Tidak terbatas juga, ini artinya potensi penghasilan sebuah blog dari paid banner juga tidak terbatas, bukan?
    Hanya saja, biasanya advertiser lebih tertarik membeli paid banner pada blog yang memiliki trafik (pengunjung) yang tinggi, atau pagerank yang tinggi pula. Jadi bahkan blog dengan PR0 saja sudah bisa menghasilkan uang dari paid banner, asalkan pengunjungnya setiap hari lumayan.
    Pertanyaan kuncinya, sekaligus menjadi tantangan kita adalah, bagaimana membuat blog yang bisa mendatangkan ribuan pengunjung dalam sehari? Ahh, ini juga menjadi salah satu pelajaran penting di sekolah blog AstaMedia yang kami kelola di Makassar. Mau bergabung? :D :D

    Mendapatkan Uang dari Blog dengan Program Pay Per Click (PPC)

    make-money-blogging via PPC
    Program pay per click (PPC) sudah lama dikenal di dunia bisnis internet. Program PPC memberikan kesempatan bagi para pemilik blog, untuk memasang script iklan di blog mereka dan penghasilannya ditentukan oleh seberapa banyak pengunjung blog tersebut meng-klik iklan yang ditampilkan. Jadi penghasilan dari PPC sangat ditentukan oleh pengunjung blog, baik secara kuantitas maupun kualitasnya.
    Iklan yang ditampilkan dalam program PPC bisa dalam bentuk iklan text (tulisan), iklan banner (gambar), iklan video (video ads); baik dalam wujud statis maupun yang berupa gambar dinamis (flash), tinggal kita yang memilih akan menampilkan iklan model apa, ukuran berapa dan jenisnya apa.
    Ada sejumlah indikator yang menentukan besarnya nilai klik pengunjung atas iklan PPC yang terpajang di blog kita. Sebagian besar program PPC mematok nilai yang sangat tinggi untuk klik yang dilakukan oleh pengunjung dari luar negeri seperti US (Amerika Serikat) dan UK (Inggris Raya).
    Mengapa? Karena mereka dianggap memiliki keinginan (interest) dan kemampuan (capability) untuk melakukan pembelian atas barang/jasa yang diiklankan advertiser. Selain itu, program PPC juga ada yang membedakan nilai klik iklannya berdasarkan kata kunci yang terpasang, sehingga kita kenal istilah High Paying Keywords (HPK)-nya Google Adsense.
    Nah, jangan heran jika seorang blogger di luar negeri bisa menghasilkan hingga puluhan bahkan ratusan ribu US dollars per bulan hanya dari iklan PPC seperti Google Adsense. Di Indonesia pun, sudah banyak blogger yang menghasilkan hingga puluhan ribu US dollars setiap bulan dari program PPC yang sama. Artinya, peluangnya juga sama, kita semua bisa menghasilkan uang dari blog melalui program PPC, apalagi kalau blognya disajikan dalam bahasa Inggris!
    Apakah harus blog berbahasa Inggris? Tidak juga. Saat ini blog berbahasa Indonesia pun sudah bisa berpartisipasi pada sejumlah program PPC, baik yang skala global maupun yang skalanya lokal.
    Beberapa contoh program PPC global yang bisa menjadi sumber penghasilan sebuah blog (tapi tidak terbatas hanya yang saya sebutkan di sini) antara lain: Google Adsense, AdBrite.com, Smowtion.com, AdmaxNetwork, dan sebagainya. Sedangkan program PPC lokal antara lain (tapi tidak terbatas hanya yang saya sebutkan di sini) seperti KlikSaya.com, KumpulBlogger.com, IDBlogNetwork.com, dan sebagainya.
    Di antara semua pilihan blog advertising yang saya jelaskan di atas, program PPC-lah yang sebenarnya menawarkan kesempatan bagi seorang blogger untuk meraih pendapatan pasif (passive income), karena kita hanya perlu memasang iklan sekali dan mendapatkan penghasilan (yang bisa) berkali-kali!
    Kalau Anda orang yang normal, saya yakin sekali Anda pasti punya keinginan yang sama: mencapai passive income! Kalau ya, saya sarankan Anda untuk segera berguru. Salah satu tempat berguru ilmu PPC adalah di AstaMedia Blogging School. :D :D :D
    Ohya, jika Anda masih merasa penasaran dengan topik bagaimana mendapatkan penghasilan blog melalui praktek paid links, paid review dan PPC ini, silahkan baca artikel-artikel yang saya tulis di sini.
    Sampai jumpa di pembahasan saya berikutnya tentang cara mendapatkan penghasilan dari blog melalui program affiliate marketing, direct selling maupun blog selling.
.

3 comments:

Blogger said...

I would recommend that you stick with the ultimate Forex broker.

Blogger said...

Find out how 1,000's of individuals like YOU are earning their LIVING online and are fulfilling their dreams right NOW.
SUBSCRIBE NOW

Blogger said...

If you are looking for a reputable contextual ad company, I recommend you take a peek at Clicksor.