Saturday, April 14, 2012

HabibiCorner.Com

HabibiCorner.Com


Perpedaan antara WordPress.com dan WordPress.org Hosting Sendiri

Posted: 07 Apr 2012 10:53 PM PDT

Jika  anda belum membaca tentang tulisan penyebab saya merubah  nama domain habibicorner.com ke  habibicorner.net, silahkan dibaca dulu  ya.:)

Beberapa orang teman bertanya tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress hosting sendiri atau wordpress selfhost karena mereka beranggapan bahwa jika kita sudah berbicara tentang blog wordpress, itu artinya berbicara tentang wordpress.com dan ini rata rata terjadi pada pemula yang baru mengenal blog.bingung itu sudah pasti ada.

dibawah ini saya coba menerangkan perbedaan antara blog wordpress.com dengan wordpress.org (blog hosting sendiri) supaya bisa dibedakan dan tentunya nanti anda bisa memutuskan mau ngeblog dengan engine blog yang mana.

wordpress.com dan wordpress.org adalah  sama sama dari satu pengembang keduanya bisa digunakan secara gratis namun yang membedakan antara keduanya adalah  sebagai berikut;

WordPress.Com (Kelebihan & Kekurangan)

  • Sudah siap terinstall

jika anda pergi ke wordpress.com anda tidak harus repot repot lagi menyediakan server dan install sendiri, toh memang sudah terinstall dan anda tinggal daftar dan sedikit konfigurasi dan blog  anda sudah jadi.sayangnya blog ini sewaktu waktu bisa terhapus jika anda  menulis konten yang melanggar tos wordpress.com karena blog ini selalu dalam pengawasan providernya  yaitu sebuah  perusahaan kecil bernama Automattic, Inc yang merupakan sebuah perusahaan desainer web kecil yang berada di belakang perkembangan WordPress itu sendiri.

  • sangat Terbatas

jika anda sudah punya blog  di wordpress.com, anda pasti akan merasakan terbatasnya fitur fitur yang ada didalmnya seperti gak bisa menggunakan template sendiri,widget blog yang terbatas, anda harus berpasrah diri  menggunakan widget yang sudah disediakan oleh wordpress.com

  • Gak Bisa dimonitasi

Jika anda berniat blog anda ingin dimonitasi atau dipasang iklan lebih baik gak usah pakek blog wordpress.com karena engine blog  ini tidak melarang  menggunakan javasript, sedangkan iklan pihak ketiga rata rata berbentuk javascript yang harus dibenamkan di blog.

namun jika anda masih sangat awam dan berniat hanya ingin menulis saja,silahkan gunakan engine blog ini dulu,nanti  sewaktu ingin punya blog di   wordpress.org anda sudah familiar dengan menu menunya karena ruang admin areanya sama.

jika anda ingin menambahkan atau bertanya bisa diform komentar dibawah ya, lanjutkan membaca :)

WordPress.Org /Wordpress Hosting Sendiri (kelebihan & Kekurangan)

WordPress.org ini sangat berbeda 180 derajar dari wordpress.com diatas. dimana anda bebas mengelola sendiri blog anda tanpa khawatir diawasi oleh oleh pihak pengembang.berikut berapa hal dasar yang perlu anda tahu tentang wordpress hosting sendiri ini.

  • Untuk menggunakan wordpress ini anda gratis mendownload di wordpress.org bahkan untuk blog commersial sekalipun.
  • softwarenya bisa anda download di worpdress.org dan  install  di hosting anda.
  • Anda bebas mengelola blog anda baik itu  untuk  tujuan monitasi,membuat blog komunitas dan lain sebagainya.
  • Tempalte atau themenya yang sangat banyak, dan tentunya bisa dimodifikasi. dan masih banyak lagi.  silahkan baca disini untuk membaca  lebih detail lagi

Karena wordpress model ini harus diinstall dulu anda harus punya hosting dan domain. hosting dan domain ini ada yang  berbayar dan ada juga yang gratis. jadi jangan heran kenapa  blog  wordpress ini  banyak yang menyebut blog berbayar karena kita harus sewa hosting  dan  domain. yang bayar bukan software wordpressnya tapi hosting dan domainnya. karena kita harus sewa server orang untuk bisa menginstall wordpress didalamnya. namun jika anda tetap ingin belajar membuat blog dengan wordpress.org anda bisa cari hosting dan domain gratisan dulu buat belajar. jika sudah serius ngeblog baru anda pakek yang berbayar ya.

Tapi sekali lagi jika anda  hanya  ingin sharing tulisan saja cukup menggunakan wordpress.com karena sagant gampang dikonfigurasi dan tentunya user friendly. namun jika  anda mau  belajar  membuat blog wordpress dengan hosting gratis. insyaallah saya akan beberkan kepada anda hosting gratis yang bagus. jadi simak terus tulisan saya diblog ini. okey :)

Sekian dulu artikel singkat ini,  semoga anda sudah lebih paham perbedaan atara wordpress.com dan WordPress.org. jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan diform komentar dibawah ya. terimakasih and have  a nice  day..:)

Dari dot com ke dot net

Posted: 31 Mar 2012 06:48 PM PDT

Alhamdulillah baru sempat nulis lagi di blog setelah segalanya berubah. jika dulu  anda berkunjung dan menikmati artikel yang saya tulis di habibicorner.com maka anda akan berjumpa dengan artikel di domain yang sama dengan ekstensi yang berbeda.

Kenapa Ganti Domain ?

Alasannya sepele saya masih bingung bayar domain di godaddy yang katanya tak bisa pakai paypal walau bisa menggunakan giftcard tapi tetap aja bingung. sebenarnya banyak yang  menjual giftcard di forum forum lokal tapi tetap saja domain di habibicorner.com belum maksimal.

Dulunya saya dapat domain habibicorner.com tersebut secara gratis  dan di push ke akun saya di Godaddy, jadi  saya tidak langsung membelinya baru pas jatuh tempo memperpanjang jadinya bingung sendiri. :D

alasan lain saya ganti ekstensi adalah gara gara baru dapat jatah domain gratisan lagi karena saya coba iseng ikutin tutorial yang ada di forum kasak kusuk dan ternyata tutorialnya maknyus bin oke, saya  langsung dapat satu domain ini yaitu habibicorner.net. tutorialnya ada disini

Awalnya saya juga berencana memperpanjang habibicorner.com tapi karena blognya masih  jatuh bangun, pengunjungnya yang  sedikit, artikel yang belum begitu banyak dan jarang update akhirnya saya ambil inisiatif untuk coba ganti ekstensi dengan nama yang sama. semoga kedepan blog  ini bisa lebih terupdate walau commitment itu ada pada blog ownernya. Insyaallh ya.

Gara gara serba kebetulan sehingga blog yang dulunya ber dot com sekarang ber dot  net. kebetulan yang bagiamana. ya kebetuluan….kebetulan habibicorner.com sudah expire jadi kebetulan saya dapat  domain gratis baru lagi ya jadikan habibicorner.net saja dan kebetulan ada hosting baru juga. sungguh kebetulan yang membawa nikmat. :)

Diblog baru ini insyaallah anda akan bayak sekali menemukan artikel dari berbagai macam disiplin ilmu dan tentunya sesuai dengan passion yang saya punya khususnya motivasi, blogging, wordpress, bahasa inggris dan sedikit banyak tentang komputer  dan agama. saya juga sudah berkomitment minimal saya update artikel dari seminggu sekali, standar 3 kali seminggu dan maksimal satu kali sehari.

Akhir kata bagi anda yang kebetulan membaca postingan ini, mohon dishare sedikit banyaknya tentang pembayaran atau langkah memperpanjang domain di godaddy supaya teman teman lain yang pada bingung bisa terbantu.

Saya tunggu share di komentarnya ya. wassalam :)

 

1 comment:

Blogger said...

DreamHost is ultimately the best web-hosting company with plans for any hosting requirments.