AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
Peraturan Menggunakan Google AdSense
Klik dan Impresi Yg Tidak Valid
Segala klik pada ad units harus berasal murni dari keinginan pengunjung. Berbagai cara untuk menciptakan klik atau impresi pada ad units secara keras tidak diperbolehkan. Ini meliputi, tapi tidak terbatas pada, klik atau impresi berulang yg dilakukan secara manual maupun otomatis, penggunaan layanan pihak ketiga yg menghasilkan klik atau impresi seperti program paid-to-click, paid-to-surf, autosurf, dan click exchange / click club, ataupun software yg sejenis. Sebagai catatan, melakukan klik terhadap ad unitsi sendiri juga dilarang. Segala bentuk pelanggaran terhadap aturan ini dapat mengakibatkan keanggotaan AdSense Anda dihapuskan.
Mendorong Terjadinya Klik
Untuk meyakinkan hasil yg optimal baik bagi pemasang iklan maupun pengunjung situs, publisher tidak diperbolehkan untuk meminta pengunjung mengklik iklan AdSense yg ada pada situs mereka ataupun menggunakan cara2 yg tersembunyi untuk menghasilkan klik.
Jika dijabarkan, publisher AdSense:
Tidak diperbolehkan untuk mendorong pengunjung mengklik ad units mereka dengan menggunakan kata2 seperti “click the ads,” “support us,” “visit these links,” dan kata2 lain yg sejenis.
Tidak diperbolehkan untuk menarik perhatian pengunjung ke iklan yg ada dengan menggunakan panah atau gambar2 lain yg sejenis.
Tidak diperbolehkan untuk meletakkan gambar di sekitar ad units yg dapat membuat pengunjung mengira bahwa gambar tersebut adalah bagian dari iklan.
Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan situs yg memasang ad units AdSense melalui spam ataupun cara2 yg tidak benar pada situs lain.
Tidak diperbolehkan untuk memberi komisi kepada pengunjung untuk mengklik iklan ataupun melakukan search pada Google For Search.
Tidak diperbolehkan untuk memasang label di atas ad units AdSense yg dapat menyebabkan kesalahpahaman. Sebagai contoh, ad units boleh ditandai dengan “Sponsored Links”, tapi tidak dengan “Favorite Sites”.
Isi Situs
Publisher hanya diperbolehkan untuk memasang iklan AdSense pada situs2 yg mengikuti aturan Google, selain itu, iklan tidak boleh dipasang pada halaman dimana isi utamanya menggunakan bahasa yg tidak didukung oleh Google AdSense (termasuk Indonesia).
Ad unit AdSense tidak boleh dipasang pada situs yg mengandung:
Kekerasan, rasis, atau saran untuk melawan/membenci orang lain, grup, maupun organisasi.
Pornografi dan hal2 yg bersifat dewasa.
Hacking/cracking.
Obat2an terlarang.
Kata2 kotor yg berlebihan.
Judi dan kasino.
Ajakan atau tawaran komisi/kompensasi kepada pengunjung untuk mengklik iklan atau tawaran, melakukan search, membrowsing situs (autosurf, paid-to-surf, dll), maupun membaca email (paid-to-read email).
Penggunaan kata kunci yg berulang, berlebihan, maupun tidak relevan dengan situs, baik pada content maupun kode halaman (HTML).
Menipu atau memanipulasi isi halaman untuk meningkatkan ranking mesin pencari dari situs yg bersangkutan.
Menjual atau menawarkan senjata maupun amunisinya.
Menjual atau menawarkan bir atau minuman dengan kadar alkohol tinggi.
Menjual atau menawarkan rokok atau produk2 yg berhubungan dng rokok.
Menjual atau menawarkan obat2an terlarang.
Menjual atau menawarkan replikasi atau imitasi dari suatu produk.
Menjual atau menawarkan tugas kuliah, skripsi, dan sejenisnya.
Berisi atau mempromosikan hal2 yg bersifat ilegal / melanggar hukum.
Materi Yg Dilindungi Hukum
Publisher tidak diperbolehkan untuk memasang ad units AdSense pada situs yg berisi materi2 yg dilindungi oleh hukum, kecuali mereka memiliki ijin untuk itu. Hukum yg digunakan adalah hukum DMCA, mengenai digital media.
Aturan Webmaster
Publisher AdSense diwajibkan untuk memenuhi aturan kualitas webmaster yg tercantum pada http://www.google.com/webmasters/guidelines.html.
Penggunaan Situs dan Iklan
Situs yg menggunakan iklan AdSense disarankan untuk memiliki navigasi yg mudah untuk pengunjung dan tidak mengandung pop-up yg berlebihan. Pemasangan kode AdSense juga harus sesuai dengan yg diberikan, tanpa adanya modifikasi apapun. Ini termasuk tidak diperbolehkannya untuk mengubah perilaku / cara kerja iklan dalam bentuk apa pun.
Situs yg menggunakan ad units AdSense tidak boleh menggunakan pop-up atau pop-under yg mengganggu pengunjung, menarik minat pengunjung, merubah setting browser, me-redirect pengunjung ke situs lain, maupun melakukan proses download.
Kode AdSense harus dipasang sesuai dng yg diberikan tanpa adanya modifikasi. Publisher tidak diperbolehkan untuk mengubah bagian apapun dari kode tersebut atau merubah cara kerja kode, pentargetan, ataupun penampilan iklan. Sebagi contoh, klik pada iklan AdSense tidak boleh terbuka pada jendela browser baru.
Situs atau suatu perusahaan tidak diperbolehkan untuk menampilkan iklan AdSense, search box AdSense, hasil pencarian, dan tombol referral pada aplikasi / software apapun, termasuk toolbar.
Situs yg menggunakan iklan AdSense tidak boleh mendapatkan trafik dari situs / software lain dengan cara2 yg tidak alami, seperti pop-up, redirect, dan sejenisnya.
Penawaran referral harus dilakukan tanpa adanya tawaran atau perjanjian tertentu dengan pengunjung. Publisher juga tidak diperbolehkan untuk meminta alamat email dari pengunjung yg menjaid referral AdSense mereka.
Penempatan IklanAdSense menawarkan beberapa format iklan yg dapat digunakan oleh publisher. Publisher disarankan untuk bereksperimen dengan berbagai penempatan iklan, tanpa melanggar aturan2 berikut:
Maksimal tiga ad units dalam satu halaman.
Maksimal dua search box Google AdSense for Search dalam satu halaman.
Maksimal satu link units dalam satu halaman.
Maksimal dua referral units dari masing2 produk referral yg ada.
Hasil pencarian AdSense for Search hanya boleh ditampilkan pada halaman yg mengandung maksimal satu link units.
Tidak diletakkan pada pop-up, pop-under, maupun email.
Tidak ada elemen halaman apapun yg menutupi sebagian/seluruh bagian iklan.
Iklan AdSense apapun tidak boleh diletakkan pada halaman yg tidak berisi apa2.
Iklan AdSense apapun tidak boleh diletakkan pada halaman yg dibuat sepenuhnya dalam rangka untuk menampilkan iklan (MFA), tidak peduli apakah isi halaman tersebut relevan atau tidak.
Iklan atau Layanan Dari Pihak Lain
Untuk menghindari kebingungan pengunjung, Google tidak memperbolehkan untuk memasang iklan maupun search box AdSense pada situs yg juga mengandung iklan maupun search box dari pihak lain yg menggunakan format tampilan (bentuk, ukuran, dan warna) yg sama dengan iklan dan search box AdSense yg ada di halaman tersebut.
Dapat Uang Google Adsense
July 25th, 2010 by admin | No Comments | Filed in Bisnis Periklanan, Defenisi Adsense
Secara singkat, AdSense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh Google, dimana para pemilik situs dapat memasang iklan tersebut di situs2 mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yg muncul bermacam-macam jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video; namun yg pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut dipasang. Perhatikan contoh gambar berikut:
Seluruh iklan disimpan di server milik Google sendiri, sehingga kita tidak perlu menyediakan ruang khusus di server kita untuk AdSense, ataupun meng-upload file-file tertentu. Cukup dengan menyisipkan kode JavaScript yg diberikan pada halaman situs kita saja kita sudah dapat menikmati hadirnya iklan AdSense di situs kita.
Bagaimana Kita Mendapatkan Uang?
Seperti disebutkan di atas, dengan memasangkan iklan AdSense di situs mereka, pemilik situs memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya?
Tidak sulit. Yang perlu Anda, sebagai pemilik situs, lakukan adalah menunggu (dan berdoa) agar ada pengunjung yg meng-klik iklan2 tersebut. Ya, cukup dengan meng-klik saja, otomatis Anda, sebagai publisher AdSense, akan mendapatkan sejumlah uang yg nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Meskipun ada faktor2 lain yg mempengaruhi, secara umum, bagian yg diperoleh publisher adalah 20% dari nilai bid.
Perlu diingat, klik yg dihitung hanyalah klik-klik yg dianggap valid. Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan klik terhadap iklan milik Anda sendiri atau pun menyuruh orang lain meng-klik iklan Anda.
Setelah Anda mendaftarkan diri di Google AdSense dan diterima, Anda akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk men-generate kode iklan yg dibutuhkan, juga terdapat halaman Report yg mencantumkan perolehan pendapatan Anda beserta jumlah klik yg didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info2 penting lainnya. Perhatikan gambar berikut:
Bagaimana Pembayarannya?
Pembayaran akan dilakukan 30 hari setelah total pendapatan Anda dalam satu bulan mencapai minimal $100. Jadi apabila bulan Februari ini Anda memperoleh $100, maka penghasilan Anda tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Maret. Untuk Indonesia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut.
Jika menggunakan jasa pos, waktu pengiriman biasanya paling cepat adalah 20-25 hari (tergantung lokasi Anda). Sedangkan, jika menggunakan DHL, cek sudah akan Anda terima dalam waktu 2-3 hari kerja. Jangan lupa, Anda biaya sebesar $24 jika Anda memilih menggunakan sistem Express Delivery, dimana biaya tersebut otomatis akan dipotong dari penghasilan kita.
Bagaimana Potensi Penghasilannya?
Tidak terbatas! Banyak publisher AdSense yg telah memperoleh ribuan bahkan puluhan ribu dollar per bulannya. Di Indonesia sendiri, publisher AdSense dengan penghasilan ribuan dollar per bulan sudah bukan hal yg aneh lagi.
Meskipun berpotensi untuk meraih pendapatan yg besar dan bahkan tidak terbatas, berbisnis Google AdSense tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua tetap butuh usaha dan waktu yg mungkin tidak sedikit.
So, tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan mulailah memasuki dunia bisnis internet melalui Google AdSense.
Seluruh iklan disimpan di server milik Google sendiri, sehingga kita tidak perlu menyediakan ruang khusus di server kita untuk AdSense, ataupun meng-upload file-file tertentu. Cukup dengan menyisipkan kode JavaScript yg diberikan pada halaman situs kita saja kita sudah dapat menikmati hadirnya iklan AdSense di situs kita.
Bagaimana Kita Mendapatkan Uang?
Seperti disebutkan di atas, dengan memasangkan iklan AdSense di situs mereka, pemilik situs memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya?
Tidak sulit. Yang perlu Anda, sebagai pemilik situs, lakukan adalah menunggu (dan berdoa) agar ada pengunjung yg meng-klik iklan2 tersebut. Ya, cukup dengan meng-klik saja, otomatis Anda, sebagai publisher AdSense, akan mendapatkan sejumlah uang yg nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Meskipun ada faktor2 lain yg mempengaruhi, secara umum, bagian yg diperoleh publisher adalah 20% dari nilai bid.
Perlu diingat, klik yg dihitung hanyalah klik-klik yg dianggap valid. Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan klik terhadap iklan milik Anda sendiri atau pun menyuruh orang lain meng-klik iklan Anda.
Setelah Anda mendaftarkan diri di Google AdSense dan diterima, Anda akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk men-generate kode iklan yg dibutuhkan, juga terdapat halaman Report yg mencantumkan perolehan pendapatan Anda beserta jumlah klik yg didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info2 penting lainnya. Perhatikan gambar berikut:
Bagaimana Pembayarannya?
Pembayaran akan dilakukan 30 hari setelah total pendapatan Anda dalam satu bulan mencapai minimal $100. Jadi apabila bulan Februari ini Anda memperoleh $100, maka penghasilan Anda tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Maret. Untuk Indonesia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut.
Jika menggunakan jasa pos, waktu pengiriman biasanya paling cepat adalah 20-25 hari (tergantung lokasi Anda). Sedangkan, jika menggunakan DHL, cek sudah akan Anda terima dalam waktu 2-3 hari kerja. Jangan lupa, Anda biaya sebesar $24 jika Anda memilih menggunakan sistem Express Delivery, dimana biaya tersebut otomatis akan dipotong dari penghasilan kita.
Bagaimana Potensi Penghasilannya?
Tidak terbatas! Banyak publisher AdSense yg telah memperoleh ribuan bahkan puluhan ribu dollar per bulannya. Di Indonesia sendiri, publisher AdSense dengan penghasilan ribuan dollar per bulan sudah bukan hal yg aneh lagi.
Meskipun berpotensi untuk meraih pendapatan yg besar dan bahkan tidak terbatas, berbisnis Google AdSense tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua tetap butuh usaha dan waktu yg mungkin tidak sedikit.
So, tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan mulailah memasuki dunia bisnis internet melalui Google AdSense.
Apa yang dimaksud Google AdSense
Google AdSense adalah cara yang cepat dan mudah bagi pemilik website untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget dan tidak mengganggu di website mereka. AdSense memungkinkan Anda untuk memberikan penelusuran Google kepada pengguna situs Anda dan memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan Google halaman hasil penelusuran.
Anda akan memperoleh penghasilan bila pengguna mengunjungi situs web Anda dan mengklik atau melihat iklan pada laman, tergantung pada jenis iklan.
AdSense gratis, jadi silakan Anda mencobanya. Jika Anda memiliki website dan bersedia mematuhi kebijakan programnya, silahkan mendaftar di Google AdSense.
Adsense akan meninjau aplikasi Anda dan memberikan balasan email dalam waktu satu minggu, tergantung pada jumlah aplikasi yang diterima. Jika anda diterima dalam program tersebut, Anda dapat masuk ke akun baru dan memperoleh kode HTML yang akan menampilkan iklan pada halaman website Anda.
Istilah dalam AdSense
Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.
Ad Units
Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content
AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi Kebijakan program AdSense
Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:
- Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
- Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
- Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
- Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
- Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan katakunci tertentu
- Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
- Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.
Optimisasi Penghasilan AdSense
Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense. Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
- Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
- Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
- Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman
Cara iklan dicocokkan dengan laman Anda
Penargetan kontekstual
Perayap AdSense mengunjungi situs Anda, mempelajari tema kontennya, dan mencocokkan iklan ke konten unik laman Anda. Teknologi kami menggunakan faktor seperti analisis kata kunci, frekuensi kata, ukuran fon, dan keseluruhan struktur tautan web, untuk menentukan tema laman web dan mencocokkan iklan Google dengan tepat ke setiap laman.Penargetan penempatan
Penargetan penempatan memungkinkan pengiklan untuk memilih penempatan iklan tertentu, atau sub bagian situs web penayang, yang digunakan sebagai tempat menjalankan iklan mereka. Iklan yang bertarget penempatan mungkin tidak benar-benar relevan dengan konten laman, namun dipilih oleh pengiklan yang telah menentukan kecocokan antara yang diminati pengguna dan yang dapat mereka tawarkan.Iklan menurut minat
Iklan menurut minat memungkinkan pengiklan untuk menjangkau pengguna berdasarkan minat (misalnya, 'penggemar olahraga'), dan membolehkan iklan ditampilkan berdasarkan interaksi pengguna sebelumnya dengan pengiklan, seperti kunjungan ke situs web pengiklan. Untuk melengkapi periklanan berbasis minat, Pengelola Preferensi Iklan memungkinkan pengguna melihat dan mengedit kategori minatnya.Periklanan berbasis minat akan membantu situs web memperoleh penghasilan secara lebih efisien, menambah nilai bagi pengiklan, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.Opsi untuk meraup penghasilan lebih banyak
Berikut beberapa jenis pelacakan yang dapat Anda lakukan dengan kanal:- Melacak kinerja format spanduk utama pada beberapa laman jika dibandingkan dengan format spanduk di laman lain
- Membandingkan seluruh penghasilan iklan dari laman sepeda motor dengan penghasilan dari laman mobil.
- kanal melacak setiap domain terpisah Anda, sehingga Anda dapat melihat asal klik.
Ads by Google
www.activamedia.co.id/AdwordsMaksimallkan Jangkauan Pemasaran Bisnis Anda Dengan Adwords. Call Us
www.berniaga.com/Ribuan Loker 2012 tersedia, Temukan Posisi impianmu sekarang!
www.dgtraffic.com/Tingkatkan Bisnis Dengan AdWords Bersama DGtraffic Sekarang Juga!
Ada dua jenis kanal: kanal URL dan kanal ubahsuaian.
Kanal URL
Kanal URL melacak kinerja laman tertentu di situs.
Kanal ubahsuaian
Kanal ubahsuaian melacak unit iklan apa pun yang Anda pilih untuk dikelompokkan bersama, memungkinkan Anda memperoleh laporan terperinci, yang diubahsuaikan secara spesifik. Anda juga dapat mengubah kanal ubahsuaian menjadi penempatan iklan yang dapat dipilih pengiklan untuk menempatkan iklan.
Jenis kanal apakah yang harus saya gunakan?
Jika Anda ingin memulai menggunakan kanal dengan cepat, sebaiknya gunakan kanal URL.
Jika Anda memiliki situs web bisnis, atau jika Anda ingin pelaporan yang bernas tentang warna, format, atau lokasi mana yang paling efektif di situs, sebaiknya gunakan kanal ubahsuaian.
Untuk menyiapkan Kanal URL, harap lihat "Cara menyiapkan kanal URL".
Untuk menyiapkan Kanal Ubahsuaian, harap lihat "Cara menyiapkan kanal ubahsuaian".
Dasar-dasar Penargetan Iklan
Bagaimanakah Google menargetkan iklan ke situs web saya?
- Penargetan kontekstual
Teknologi kami menggunakan sejumlah faktor seperti analisis kata kunci, frekuensi kata, ukuran fon, dan keseluruhan struktur tautan web, untuk menentukan tema laman web dan mencocokkan iklan Google dengan tepat ke setiap laman. - Penargetan penempatan
Dengan penargetan penempatan, pengiklan memilih penempatan iklan tertentu, atau sub bagian situs web penayang, yang digunakan sebagai tempat menjalankan iklan mereka. Iklan yang bertarget penempatan tidak dapat dikaitkan dengan tepat ke konten laman, namun dipilih oleh pengiklan yang telah menentukan kecocokan antara minat pengguna dan tawaran mereka. - Iklan menurut minat
Iklan menurut minat memungkinkan pengiklan untuk menjangkau pengguna berdasarkan minat (misalnya, 'penggemar olahraga'), dan membolehkan iklan ditampilkan berdasarkan interaksi pengguna sebelumnya dengan pengiklan, seperti kunjungan ke situs web pengiklan. Untuk melengkapi iklan menurut minat, Pengelola Preferensi Iklan memungkinkan pengguna melihat dan mengedit kategori minatnya.
Akun Adsense Kena Banned
Aduh, betapa seringnya saya mendengar pernyataan tersebut diatas beberapa waktu belakangan ini. Semenjak Google memunculkan “pendekar” Google Panda nya awal tahun 2011 yang lalu, banyak sudah publisher Adsense seperti anda dan saya yang terkena dampaknya. Mulai dari penutupan akun (account disabled) alias akun adsense kena banned, hingga Google Sandbox (website bersangkutan hilang dari hasil pencarian Google).
Sudah lama sebenarnya saya mau menuliskan sebuah postingan seperti yang akan saya lakukan sekarang, namun karena satu dan lain hal yang kerap kali mengurungkan niat saya. Namun melihat situasi dan kondisi dimana banyak akun adsense kena banned, saya pun menjadi tidak tega dan akhirnya kini menuliskan postingan ini. Saya harap banyak rekan dan sahabat yang membaca postingan ini bisa menjadi terbantu dengan kesemua tulisan saya di bawah ini yang lumayan amat panjang. ^_^
Ada sebuah daftar panjang dimana kalau diikuti, kita bisa menghindari akun adsense kena banned:
PANDUAN UMUM
- Anda berusia 18 tahun keatas
- Anda hanya memiliki 1 (satu) akun Adsense saja
- Website anda memiliki halaman Privacy Policy
- Andalah sang pemilik asli website bersangkutan
KLIK DAN IMPRESI INVALID
- Jangan pernah mengklik iklan adsense anda sendiri
- Jangan pernah meminta pihak lain (teman, keluarga, dll) untuk mengklik iklan adsense di situs anda
- Jangan pernah memuat tulisan apapun yang mendorong para pengunjung website anda untuk mengklik iklan adsense yang ada
- Jangan pernah gunakan program-program Pay To Click (anda dibayar untuk mengklik ini dan itu) atau program-program Click Exchange (anda mengklik iklan milik orang lain, dan orang lain tersebut mengklik iklan milik anda)
- Iklan Adsense anda HARUS di klik oleh manusia, bukan oleh software atau lainnya
- Jangan pernah gunakan program (script) untuk mengklik iklan adsense anda sendiri, atau program (script) untuk memunculkan halaman (loading halaman) berkali-kali sehingga bisa mengakibatkan klik yang berkali-kali pula
- Anda harus bisa mempertanggungjawabkan semua aktivitas yang terjadi pada website anda
PENEMPATAN BLOK IKLAN ADSENSE
- Jangan gunakan trik apapun untuk menghasilkan klik-klik yang tidak disengaja
- Jangan tempatkan blok iklan Adsense tepat di sebelah, diatas, atau dibawah gambar atau video
- Jangan pernah memberikan “judul” blok iklan Adsense yang menyesatkan (misalnya, anda beri judul blok iklan Adsense dengan “Informasi Umum”)
- Jangan pernah gunakan bentuk grafis (gambar) apapun seperti misalnya gambar panah atau garis bawah tebal untuk membuat iklan adsense anda mencolok ketimbang bagian lainnya dari situs anda
- Jangan pernah membuat iklan adsense anda terlihat seakan adalah konten atau konten anda terlihat seakan adalah iklan adsense
- Jangan pernah tampilkan iklan adsense anda seakan adalah menu navigasi situs anda
- Jangan pernah tampilkan iklan adsense di situs yang menggunakan video streaming (jika anda mau tampilkan iklan adsense pada video, gunakan Adsense for Video saja)
- Jangan pasang iklan adsense pada situs game online (gunakan Adsense for Games untuk situs semacam ini)
- Jangan pernah tampilkan iklan adsense pada pop-up window
- Jangan pernah tampilkan iklan adsense pada iframe
- Jangan pernah tampilkan iklan adsense pada halaman yang bukan berisikan konten (halaman seperti misalnya Contact Us atau Privacy Policy)
BAGAIMANA CARA PROMOSI SITUS ANDA
- Jangan pernah gunakan metode traffic berbayar (paid traffic) untuk menghasilkan kunjungan ke situs anda
- Penyedia jasa traffic pihak ketiga tidak boleh membuka halaman situs anda menggunakan pop-up window
- Penyedia jasa traffic pihak ketiga tidak boleh membuka halaman situs anda menggunakan iframe
- Penyedia jasa traffic pihak ketiga tidak boleh membuka halaman situs anda menggunakan software
- Penyedia jasa traffic pihak ketiga tidak boleh mendatangkan traffic otomatis (robot)
- Penyedia jasa traffic pihak ketiga tidak boleh melakukan klik-klik pada situs anda, baik klik secara manual maupun oleh robot/software
- Semua bentuk traffic dari jasa traffic pihak ketiga akan dipandang berpotensi sebagai pelanggaran Click Fraud oleh pihak Google
HINDARI PEMASANGAN IKLAN ADSENSE PADA SITUS-SITUS BERTEMAKAN DIBAWAH INI DAN ATAU MEMILIKI HUBUNGAN/LINK MENUJU SITUS-SITUS BERTEMAKAN DIBAWAH INI:
- Situs yang memberikan insentif kepada para pengunjungnya untuk mengklik iklan apapun, atau bahkan mendorong para pengunjungnya untuk melakukan klik-klik invalid
- Situs porno atau bertemakan dewasa sejenis
- Adanya iklan lain selain iklan adsense dan atau ada links yang menuju situs porno atau bertemakan dewasa sejenis
- Tema umum situs anda bersifat bias (mendukung satu pihak dan menjelek-jelekkan pihak lain) dalam hal individual, grup atau organisasi atas dasar ras, kepercayaan/religi/agama, cacat fisik, gender, umur, status veteran, orientasi seksual, atau orientasi politik.
- Tema atau konten situs anda mendorong upaya-upaya aktivitas illegal dan atau melakukan tindakan yang melanggar hak cipta (tindak pembajakan hasil karya cipta orang lain).
- Situs-situs yang menggunakan logo atau merk dagang Google (selain dari Google sendiri tentunya).
- Situs bertemakan usaha-usaha “cepat kaya” dan atau skema-skema bisnis lain yang melibatkan produk-produk Google (menggunakan produk Google untuk mencurangi Google itu sendiri).
- Instruksi-instruksi khusus terhadap produk-produk Google dan atau kebijakan-kebijakan Google (untuk mencurangi Google).
- Situs yang memasang/menggunakan gambar/video/teks/musik yang memiliki hak cipta.
- Situs yang bertemakan perjudian (gambling) atau kasino.
- Menggunakan merek dagang Google pada URL situs tersebut dan atau merek dagang perusahaan resmi lainnya pada URL situs tersebut (misalnya, menggunakan merek dagang Toshiba atau General Electric atau merek dagang – merek dagang resmi lainnya pada URL situs bersangkutan).
- Situs bertemakan tembakau atau produk-produk tembakau (rokok, cerutu, dll).
- Situs yang menjual obat-obatan yang harus menggunakan resep dokter.
- Situs bertemakan obat-obatan terlarang dan atau mendorong penggunaan obat-obatan terlarang.
- Situs yang menampilkan gambar atau video mengenai kekerasan (termasuk gambar atau video hasil dari kekerasan/sadisme tersebut, juga termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kecelakaan).
- Situs yang bertemakan seputar senjata, termasuk tentang senjata api (pistol dan senapan), amunisi, senjata tajam, bahan peledak, dan kembang api/mercon.
- Situs yang bertemakan seputar cracking (membajak software atau produk lainnya) dan hacking (membajak website atau produk lainnya).
APAKAH ANDA MENGGUNAKAN AGC (AUTOMATED GENERATED CONTENT)? MOHON PERIKSA HAL-HAL BERIKUT DIBAWAH INI:
PERILAKU IKLAN
- Apakah kode iklan adsense bersangkutan diubah atau dimodifikasi dalam bentuk apapun?
- Apakah tampilan iklan adsense yang dimaksud sudah seperti yang seharusnya?
- Apakah iklan adsense anda muncul sepenuhnya (tidak disembunyikan)?
- Tidak boleh ada redirection (pengalihan) pada iklan adsense
- Anda tidak boleh melakukan pengumpulan data statistik tentang iklan adsense anda
IKUTI PANDUAN KUALITAS GOOGLE WEBMASTER
- Tidak boleh ada teks atau links tersembunyi
- Tidak boleh ada links atau konten yang terlihat berbeda antara kepada user maupun kepada search engine
- Apakah video-video pada situs anda memiliki deskripsi HTML?
- Tidak boleh ada redirection (pengalihan) baik dari maupun ke halaman tertentu, juga tidak boleh ada halaman-halaman yang bersifat cloaking/doorway
- Situs anda tidak boleh melakukan query-query otomatis kepada Google (misalnya untuk memeriksa status Page Rank atau rangking situs anda pada hasil pencarian Google)
- Tidak boleh melakukan “keyword stuffing” (pengulangan kata kunci secara berlebihan)
- Tidak boleh ada konten duplikat (duplicate content) pada domain atau sub domain yang sama
- Situs anda tidak boleh melakukan praktek phising (mencuri informasi pribadi orang-orang seperti no kartu kredit dll) dan atau menginstall malware dalam bentuk apapun pada situs anda
- Situs anda harus bebas dari virus
- Situs anda tidak boleh melakukan instalasi software atau add-on atau sejenisnya secara otomatis kepada para pengunjung
- Semua konten anda bersifat unik dan relevan dan berguna bagi para pengunjung.
- Jika situs anda adalah situs affiliate (menjual produk affiliasi), maka situs anda harus memiliki nilai tambah yang sangat signifikan.
- Anda tidak boleh melakukan skema-skema jual-beli links secara berlebihan, termasuk reciprocal links (links exchange).
IKLAN LAIN SELAIN IKLAN ADSENSE
- Iklan lain selain iklan adsense harus terlihat jelas dan terpisah, tidak boleh sampai membuat pengunjung menyangka bahwa iklan lain tersebut juga adalah iklan adsense.
IKLAN ADSENSE PADA SITUS YANG DI MONETIZE KHUSUS ADSENSE SAJA
- Area “above the fold” yakni 30% dari area bagian atas dari tampilan browser anda terdiri dari konten yang unik dan original
- Area “above the fold” tidak boleh penuh terisi oleh iklan saja, harus didominasi oleh konten ketimbang oleh blok iklan adsense
- Anda tidak mendapatkan traffic dalam bentuk apapun dari Google Adwords
LAIN-LAIN
- Anda harus mengijinkan Google untuk mengumpulkan data statistik klik-klik iklan adsense pada situs anda
- Jangan pernah melakukan tindakan spamming dalam bentuk apapun
- Pastikan anda memiliki ijin untuk setiap materi yang terdapat pada situs anda, baik itu gambar, teks, video, musik, software dll
Nah, sekian penjelasan saya mengenai apa-apa saja untuk menghindari akun adsense kena banned. Memang penjelasan yang panjang dan mungkin sebagian agak membingungkan, dan saya mendorong kita semua yang membaca panduan ini untuk bertanya dan berdiskusi tentang apa-apa saja yang sudah saya jelaskan disini.
Jika sekiranya teman-teman mau membagikan (sharing) postingan saya ini ditempat lain, silahkan namun saya hanya meminta 1 hal saja yakni semua links yang terpasang pada postingan tentang akun adsense kena banned ini tetap utuh apa adanya.
Saya amat menyarankan bagi siapapun yang datang dan membaca postingan tentang akun adsense kena banned ini untuk mencetak (print-out) postingan ini, agar supaya anda memiliki sebuah panduan khusus yang bisa anda ikuti dan ingat-ingat untuk menghindari akun adsense kena banned yang berikutnya.
Terimakasih atas perhatian anda, semoga postingan tentang akun adsense kena banned ini bermanfaat untuk kita semua, dan mohon maaf sebesar-besarnya jika kiranya ada yang tidak berkenan atau terdapat kesalahan disana-sini (bagaimanapun juga, saya toh tetap manusia biasa). ^_^
Cipta
www.AutoBlogAdsense.com
AdSense untuk umpan (AFF)
Kebijakan program AdSense untuk feed
Iklan dan layanan bersaingKarena batasan teknis yang ada untuk iklan feed, penayang mungkin tidak dapat menjalankan beberapa jaringan iklan feed di satu feed. Menjalankan beberapa jaringan iklan feed di satu feed dengan AdSense untuk feed dapat membuat iklan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Karenanya, semua feed yang menjalankan iklan AdSense untuk feed juga mungkin tidak dapat menyertakan iklan feed dari jaringan lain. Jika ternyata feed Anda diproses oleh beberapa solusi, kami dapat menonaktifkan penayangan iklan di feed dan/atau menonaktifkan akun AdSense Anda.
Harap perhatikan bahwa menampilkan AdSense untuk feed di satu rangkaian feed tidak akan membatasi penggunaan AdSense untuk semua feed. Anda dapat menggunakan jaringan iklan lain untuk rangkaian feed yang berbeda.
Konten umpanPenayang yang menggunakan AdSense untuk feed hanya dapat menempatkan iklan Google di feed yang mematuhi panduan konten. Beberapa panduan tersebut disorot di bawah ini. Untuk daftar lengkap, harap lihat kebijakan program AdSense.
Feed yang menampilkan iklan Google tidak boleh menyertakan:
- Konten kekerasan
- Konten pornografi, dewasa, atau vulgar
- Diskriminasi rasial atau yang menganjurkan permusuhan terhadap individu, kelompok, atau organisasi apa pun
- Konten lainnya yang ilegal, mempromosikan kegiatan ilegal, atau melanggar hak hukum orang lain
- Konten yang dilindungi undang-undang hak cipta, kecuali jika penyedia konten memiliki hak hukum yang diperlukan untuk menampilkan konten itu. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kebijakan DMCA kami.
To activate AdSense for feeds, sign in to AdSense and then look for the AdSense for feeds link under the AdSense Setup » Get Ads tab. All feed ad setup and ad performance reporting features may now be found in AdSense.
2. René Magritte
(1898-1967) Seniman surrealist Belgia, terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 Nopember 2008.
3. Marc Chagall
(1887-1985) Seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad 20. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.
4. Diego Velázquez
(1599-1660) Seniman pelukis dan potret asal Spanyol, banyak dari lukisan terkenalnya diabadikan dari makna budaya dan sejarah, raja-raja serta figur-figur orang Eropa terkemuka sepanjang waktu. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Juni 2008.
5. Walter Gropius
(1883-1969) Arsitek Jerman, pendiri dari Bauhaus dan pelopor arsitektur modern. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 18 Mei 2008.
6. Alexander Graham Bell
(1847-1922) Ilmuwan dan penemu terkenal, diantaranya menemukan telepon. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Maret 2008.
7. Luciano Pavarotti
(1935-2007) Penyanyi opera Italia, bagian dari "The Three Tenors" dan salah satu penyanyi paling terkenal di dunia. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Oktober 2007.
8. Yuri Gagarin
(1934-1968) Cosmonaut Soviet yang merupakan manusia pertama di ruang angkasa dan orbit bumi. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 April 2007.
9. Edvard Munch
(1863-1944) Pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionisticnya. Lukisannya "The Scream" adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai thema logo). Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.
10. Sir Arthur Conan Doyle
(1859-1930) Pengarang Inggris yang terkenal dengan roman-romannya tentang Sherlock Holmes, salah satu dari tokoh-tokoh imaginasi yang paling terkenal sepanjang waktu. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 22 Mei 2006.
10 orang yang dihormati google
Sejak tahun 2002, Google International telah memberi penghormatan kepada 26 orang bersejarah dengan mengubah versi logo Google, dan ditampilkan seharian pada homepage Google di seluruh dunia. Berikut daftar 10 orang terkenal yang kelahirannya dirayakan oleh Google.
1. Samuel Morse
(1791 – 1872) Seorang pembuat enkoding listrik yang sangat terkenal karena penemuanya. Ditampilkan di homepage Google pada tanggal 27 April 2009.
1. Samuel Morse
(1791 – 1872) Seorang pembuat enkoding listrik yang sangat terkenal karena penemuanya. Ditampilkan di homepage Google pada tanggal 27 April 2009.
2. René Magritte
(1898-1967) Seniman surrealist Belgia, terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 Nopember 2008.
3. Marc Chagall
(1887-1985) Seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad 20. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.
4. Diego Velázquez
(1599-1660) Seniman pelukis dan potret asal Spanyol, banyak dari lukisan terkenalnya diabadikan dari makna budaya dan sejarah, raja-raja serta figur-figur orang Eropa terkemuka sepanjang waktu. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Juni 2008.
5. Walter Gropius
(1883-1969) Arsitek Jerman, pendiri dari Bauhaus dan pelopor arsitektur modern. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 18 Mei 2008.
6. Alexander Graham Bell
(1847-1922) Ilmuwan dan penemu terkenal, diantaranya menemukan telepon. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Maret 2008.
7. Luciano Pavarotti
(1935-2007) Penyanyi opera Italia, bagian dari "The Three Tenors" dan salah satu penyanyi paling terkenal di dunia. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Oktober 2007.
8. Yuri Gagarin
(1934-1968) Cosmonaut Soviet yang merupakan manusia pertama di ruang angkasa dan orbit bumi. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 April 2007.
9. Edvard Munch
(1863-1944) Pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionisticnya. Lukisannya "The Scream" adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai thema logo). Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.
10. Sir Arthur Conan Doyle
(1859-1930) Pengarang Inggris yang terkenal dengan roman-romannya tentang Sherlock Holmes, salah satu dari tokoh-tokoh imaginasi yang paling terkenal sepanjang waktu. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 22 Mei 2006.
Syarat dan Ketentuan Standar Google AdSenseTM
Ada begitu banyak publisher yang menyerah dengan AdSense. Bagi kebanyakan publisher yang menyerah adalah karena begitu terasa sulitnya mendapatkan uang disana, sedangkan mereka sudah terlanjur tergiur dengan kesuksesan publisher lain
Salah satu alasan utama mengapa beberapa publisher meninggalkan Adsense adalah karena mereka gagal untuk memahami tentang Adsense itu sendiri. Mereka terlalu terfokus dengan harapan untuk menghasilkan uang dengan cepat tanpa memahami sepenuhnya bagaimana cara kerjanya dan optimalisasinya bagi publisher.
Jika Anda memiliki website yang baik dengan content kualitas, maka itu adalah awal yang baik untuk memulai bisnis Adsense Anda. Dengan menempatkan beberapa iklan di situs Anda, akan memungkinkan untuk mendapatkan profit tentu saja jika pengunjung menyukai iklan yang mereka lihat dan melakukan klik pada iklan tersebut, Anda sebagai publisher senang dan Google sebagai penyelenggara senang, dan pemasang iklan juga merasa senang. Prinsip sederhananya seperti itu
Sebagai publisher haruslah ingat bahwa AdSense tidak diciptakan oleh Google sebagai sarana untuk membuat uang dengan cepat bagi publisher. Iklan yang diberikan oleh Google semata-mata ditujukan untuk lalu lintas traffic dan promosi yang alami
Jadi, bagaimana menjadi publisher AdSense yang sukses dan bisa menciptakan uang dari AdSense? Mereka yang sukses sebagai publisher melakukannya dengan menghormati tujuan yang mendasari Google AdSense. Secara garis besar, di antaranya adalah :
Salah satu alasan utama mengapa beberapa publisher meninggalkan Adsense adalah karena mereka gagal untuk memahami tentang Adsense itu sendiri. Mereka terlalu terfokus dengan harapan untuk menghasilkan uang dengan cepat tanpa memahami sepenuhnya bagaimana cara kerjanya dan optimalisasinya bagi publisher.
Jika Anda memiliki website yang baik dengan content kualitas, maka itu adalah awal yang baik untuk memulai bisnis Adsense Anda. Dengan menempatkan beberapa iklan di situs Anda, akan memungkinkan untuk mendapatkan profit tentu saja jika pengunjung menyukai iklan yang mereka lihat dan melakukan klik pada iklan tersebut, Anda sebagai publisher senang dan Google sebagai penyelenggara senang, dan pemasang iklan juga merasa senang. Prinsip sederhananya seperti itu
Sebagai publisher haruslah ingat bahwa AdSense tidak diciptakan oleh Google sebagai sarana untuk membuat uang dengan cepat bagi publisher. Iklan yang diberikan oleh Google semata-mata ditujukan untuk lalu lintas traffic dan promosi yang alami
Jadi, bagaimana menjadi publisher AdSense yang sukses dan bisa menciptakan uang dari AdSense? Mereka yang sukses sebagai publisher melakukannya dengan menghormati tujuan yang mendasari Google AdSense. Secara garis besar, di antaranya adalah :
- Website mereka dioptimalkan dengan kata kunci dan content yang berkualitas
- Mereka menggunakan berbagai cara (dan kadang-kadang cara mahal) untuk menarik lalu lintas ke situs mereka
- Mereka secara konsisten selalu melakukan update
Syarat dan Ketentuan Standar Google AdSenseTM Online
Online
BACA DENGAN CERMAT SYARAT DAN KETENTUAN SERTA BAGIAN TANYA JAWAB BERIKUT SEBELUM MENDAFTAR KE PROGRAM GOOGLE ADSENSE ONLINE. PARTISIPASI DALAM PROGRAM GOOGLE ADSENSE ONLINE MENUNJUKKAN BAHWA ANDA MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN INI. JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN INI, JANGAN MENDAFTAR ATAU BERPARTISIPASI DALAM PROGRAM GOOGLE ADSENSE ONLINE.
Pendahuluan. Perjanjian ("Perjanjian") antara Anda dan Google Inc. ("Google") ini berisi Syarat dan Ketentuan Standar ("Syarat dan Ketentuan") Program Google AdSense Online. Keterangan mengenai Program tersebut, yang secara umum diberikan Google, tersedia di URL Tanya Jawab ("Tanya Jawab") Program yang terdapat di https://www.google.com/adsense/faq, atau URL lain yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu. "Anda" atau "Penayang" adalah setiap entitas yang tercantum pada formulir pendaftaran yang dikirim oleh entitas tersebut atau pihak terafiliasi, dan/atau agensi maupun jaringan yang bertindak atas namanya, yang terikat oleh syarat-syarat Perjanjian ini.
1. Partisipasi Dalam Program. Partisipasi dalam Program harus memperoleh persetujuan sebelumnya dari Google dan Anda harus selalu mematuhi Kebijakan Program ("Kebijakan Program") yang terdapat di https://www.google.com/adsense/policies, dan/atau URL lain yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu. Google setiap saat berhak menolak partisipasi dari pihak pemohon atau peserta manapun atas kebijaksanaannya sendiri. Dengan mendaftar ke Program ini, Anda menyatakan telah berusia minimal 18 tahun dan menyetujui bahwa Google dapat menampilkan (a) iklan pihak ketiga dan/atau Google dan/atau konten lain (iklan pihak ketiga, iklan Google, dan konten lain secara keseluruhan disebut "Iklan") namun dengan ketentuan bahwa jika Google menampilkan konten non-kompensasi, Anda dapat menolak untuk menerima konten tersebut sebagai bagian dari Program, (b) kotak penelusuran Iklan dan atau pertanyaan Google yang terkait (secara keseluruhan disebut Tautan), (c) hasil penelusuran Web dan/atau Situs Google (secara keseluruhan disebut "Hasil Penelusuran"), dan/atau (d) Iklan arahan Google (Tombol Arahan) masing-masing yang terkait dengan situs web, pemutar media, konten video, dan/atau konten selular yang Anda tetapkan, atau properti lain yang dengan tegas diizinkan secara tertulis oleh Google (termasuk email) (properti lain tersebut dinamakan Properti Lain), serta Atom, RSS, atau feed lain yang didistribusikan melalui situs web, pemutar media, konten video, konten selular, dan/atau Properti Lain tersebut (situs web, pemutar media, konten video, konten selular, Properti Lain atau feed tersebut masing-masing disebut "Properti"). Untuk menegaskan, pernyataan apapun dalam Perjanjian atau Kebijakan Program ini pada setiap halaman web, situs web, halaman situs web, atau sejenisnya yang merupakan bagian dari Properti juga mencakup feed dan pemutar media yang didistribusikan melalui situs web tersebut. Beberapa akun yang dimiliki pengguna atau entitas yang sama dapat segera dihentikan kecuali jika dengan tegas diizinkan secara tertulis (termasuk melalui email) oleh Google. Dalam kondisi-kondisi tertentu, Anda dapat mendaftar ke Program dan membuat akun dengan tujuan hanya untuk menerima pembayaran dari Google, dan bukan untuk tujuan penjelasan, penayangan Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, dan/atau Tombol Arahan di Properti, jika hal tersebut dengan tegas diizinkan secara tertulis (termasuk melalui email) oleh Google. Namun, jika kemudian Anda menggunakan Akun Anda untuk berpartisipasi dalam Program (untuk tujuan penayangan Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran dan/atau Tombol Arahan di Properti), maka penggunaan Program akan diatur oleh Persyaratan Perjanjian ini. Anda wajib mematuhi kebijakan privasi yang sesuai dan secara jelas mengungkapkan bahwa pihak ketiga dapat menempatkan dan membaca kuki di peramban pengguna Anda atau menggunakan beacon web untuk mengumpulkan informasi tentang serangkaian iklan yang ditayangkan di situs web Anda. Kebijakan privasi Anda juga harus mencakup informasi tentang opsi pengguna untuk mengatur kuki.
2. Penerapan dan Pengoperasian Iklan, Hasil Penelusuran, dan Arahan. Anda setuju untuk mematuhi spesifikasi yang disediakan Google dari waktu ke waktu untuk memungkinkan penayangan, tampilan, pelacakan, dan laporan Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, Tombol Arahan, dan Fitur Merek Google yang benar (seperti didefinisikan dalam Pasal 12 di bawah), terkait dengan Properti Anda, termasuk tanpa batasan, dengan tidak memodifikasi JavaScript atau program lain yang disediakan untuk Anda oleh Google dengan cara apapun, kecuali jika dengan tegas diizinkan secara tertulis (termasuk melalui email) oleh Google.
o AdSense untuk Penelusuran. Jika Anda memilih untuk menerima Hasil Penelusuran, maka Properti Anda akan menampilkan kotak penelusuran Google ("Kotak Penelusuran") sesuai spesifikasi yang disediakan Google. Kecuali untuk pertanyaan Google yang terkait, semua pertanyaan penelusuran (termasuk pertanyaan yang dimasukkan dalam kotak penelusuran Iklan) harus berasal dari pengguna akhir perorangan yang secara langsung memasukkan data ke Kotak Penelusuran (atau kotak penelusuran Iklan, jika ada) pada Properti Anda. Anda akan mengirim setiap dan semua pertanyaan (tanpa mengedit, memfilter, menyingkat, menambahkan kata, atau memodifikasi pertanyaan tersebut secara terpisah atau gabungan) ke Google, dan Google akan melakukan upaya wajar secara komersial untuk menyediakan Hasil Penelusuran dan/atau Iklan yang sesuai kepada Anda, jika ada dan tersedia. Hasil Penelusuran dan Iklan apapun yang terkait akan ditampilkan pada halaman web yang mungkin di-host oleh Google (masing-masing disebut "Halaman Hasil Penelusuran"), dan format, tampilan, serta nuansa halaman web yang di-host oleh Google dapat setiap saat diubah oleh Google.
o AdSense untuk Konten. Semua konten dan Iklan berbasis Properti (dan Iklan yang ditayangkan karena klik pengguna akhir dan pertanyaan yang dimasukkan ke Tautan, jika ada) akan dikelompokkan oleh Google serta ditampilkan dengan Tautan (jika sesuai) kepada pengguna akhir Properti sebagai unit iklan (grup Iklan dan/atau Tautan secara keseluruhan disebut "Unit IKlan") dalam format standar yang biasanya disediakan Google dari waktu ke waktu, seperti dijelaskan dalam Tanya Jawab. Anda dapat memilih format yang disetujui Google untuk tampilan Unit Iklan yang terkait dengan Properti, namun Anda memahami dan menyetujui bahwa Iklan dan/atau Tautan:(i) hanya akan ditampilkan terkait dengan Properti, yang masing-masing harus diperiksa dan disetujui oleh Google atas kebijaksanaannya; dan (ii) harus mematuhi panduan penempatan yang tercantum dalam Perjanjian ini.
o Arahan. Jika telah memilih untuk menggunakan fitur Arahan Google AdSense, Anda akan menerapkan Tombol Arahan di Properti sesuai spesifikasi yang diberikan Google. Pengguna akhir yang mengklik Tombol Arahan akan diarahkan ke halaman web yang mungkin di-host oleh Google (Halaman Arahan), dan format, tampilan, serta nuansa halaman web yang di-host oleh Google tersebut dapat setiap saat diubah oleh Google. Aktivitas Arahan dimulai bila pengguna akhir mengklik Tombol Arahan dari Properti dan berakhir bila persyaratan arahan untuk produk yang relevan dipenuhi berdasarkan Perjanjian ini. Persyaratan arahan dan jumlah pembayaran yang berlaku untuk Aktivitas Arahan terdapat di https://www.google.com/adsense/referrals atau URL lain yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu. Anda setuju untuk mematuhi spesifikasi yang diberikan Google dari waktu ke waktu untuk memungkinkan pelacakan dan laporan Aktivitas Arahan yang tepat terkait dengan Properti Anda. Anda tidak akan mempromosikan atau memfasilitasi Aktivitas Arahan dengan cara apapun selain menampilkan Tombol Arahan di Properti, kecuali jika dengan tegas diizinkan secara tertulis (termasuk melalui email) oleh Google.
o AdSense untuk Video. Jika Anda memilih untuk menggunakan AdSense untuk Video, partisipasi Anda harus selalu mematuhi kebijakan Program AdSense untuk Video yang terdapat di http://adsense.google.com/support/bin/answer.py?answer=73987&hl=id_ID atau URL yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu. Semua Iklan (termasuk Iklan yang ditayangkan karena klik pengguna akhir dan pertanyaan yang dimasukkan ke Tautan, jika ada) akan (1) dikelompokkan oleh Google serta ditampilkan dengan Tautan (jika sesuai) kepada pengguna akhir Properti sebagai Unit Iklan atau (2) diputar pada bagian awal, akhir, dan interstisial terkait dengan konten video pihak ketiga, dan masing-masing menggunakan format standar yang biasanya disediakan oleh Google dari waktu ke waktu, seperti yang akan dijelaskan dalam kebijakan yang berlaku. Anda memahami dan menyetujui bahwa Iklan akan ditampilkan di Properti dalam format video yang disetujui oleh Google, dan bahwa Iklan tersebut: (i) hanya akan ditampilkan terkait dengan Properti dan konten video selain iklan (secara keseluruhan disebut Media Video) yang masing-masing dan seluruhnya harus diperiksa dan disetujui oleh Google atas kebijaksanaannya setiap saat; dan (ii) hanya akan diminta terkait dengan Media Video yang dijalankan pengguna akhir. Selain itu, Anda setuju bahwa Anda hanya dapat menampilkan 1 (satu) Unit Iklan di pemutar media setiap kali, kecuali jika disetujui secara tertulis oleh Google.
o Umum; Halaman yang Dilayani; Pemfilteran; Fitur Beta. Anda setuju untuk tidak menampilkan iklan pada halaman web yang sama dengan Unit Iklan, Iklan, Tautan, Kotak Penelusuran, atau Tombol Arahan ("Halaman yang Dilayani") yang dapat membuat pengguna akhir Properti Anda secara wajar menganggapnya secara keliru sebagai iklan Google atau terkait dengan Google. Layanan Google tertentu yang tersedia sebagai bagian dari Program dapat memiliki kemampuan pemfilteran, misalnya SafeSearch atau AdSafe, yang dapat diakses melalui akun Anda. Namun, jika Anda memilih untuk mengaktifkan filter apapun, Anda memahami dan menyetujui bahwa: (i) Anda bertanggung jawab untuk mengaktifkan fitur tersebut sesuai spesifikasi yang diberikan Google, dan (ii) Google tidak dan tidak dapat memastikan bahwa semua hasil (termasuk Iklan, Tautan, dan Hasil Penelusuran) akan dibatasi pada hasil yang dipilih dengan mengaktifkan filter tersebut. Beberapa fitur Program disebut sebagai Beta atau tidak didukung (Fitur Beta). Selama diizinkan oleh undang-undang yang berlaku, Fitur Beta diberikan "sebagaimana adanya" dan merupakan pilihan serta risiko yang Anda tanggung sendiri. Anda tidak akan mengungkapkan informasi dari Fitur Beta, ketersediaan Fitur Beta nonpublik, atau akses ke Fitur Beta kepada pihak ketiga manapun.
3. Komunikasi Eksklusif Dengan Google. Anda setuju untuk berkomunikasi langsung dengan Google, dan bukan pengiklan lain, tentang Iklan atau Tautan yang ditampilkan terkait dengan Properti Anda.
4. Tanggung Jawab Setiap Pihak. Anda bertanggung jawab penuh atas Properti, termasuk semua isi dan materi, pemeliharaan dan pengoperasiannya, penerapan spesifikasi Google yang sesuai, dan kepatuhan terhadap persyaratan Perjanjian ini, termasuk kepatuhan terhadap Kebijakan Program. Google atas kebijaksanaannya berhak memeriksa aktivitas yang mungkin melanggar Perjanjian ini, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi perangkat lunak untuk mengakses Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, Tombol Arahan, atau menyelesaikan Aktivitas Arahan maupun keterkaitan dalam aktivitas yang dilarang berdasarkan Perjanjian ini. Google tidak bertanggung jawab atas apapun yang terkait dengan Properti Anda, termasuk tanpa batasan, permintaan pertanyaan dari pengguna akhir Properti Anda atau pengiriman data antara Properti Anda dan Google. Selain itu, Google tidak berkewajiban untuk memberikan pemberitahuan kepada Anda jika Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan tidak ditampilkan dengan benar kepada atau Aktivitas Arahan tidak diselesaikan dengan benar oleh pengguna akhir Properti.
5. Penggunaan yang Dilarang. Anda tidak boleh, dan tidak boleh memberikan wewenang atau mendorong pihak ketiga untuk: (i) secara langsung atau tidak langsung menghasilkan pertanyaan, Aktivitas Arahan, atau tayangan maupun klik pada Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan (termasuk tanpa batasan, klik putar untuk Iklan video) melalui cara otomatis, penipuan, pemalsuan, atau cara tidak sah lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada klik manual berulang, penggunaan robot atau alat pertanyaan otomatis lainnya, dan/atau permintaan penelusuran dari komputer, dan/atau penggunaan perangkat lunak dan/atau layanan pengoptimalan mesin penelusuran yang tidak sah; (ii) mengedit, memodifikasi, memfilter, menyingkat, atau mengubah urutan informasi yang terdapat pada Iklan, Tautan, Unit Iklan, Hasil Penelusuran, maupun Tombol Arahan, atau menghapus, menyamarkan, maupun memperkecil Iklan, Tautan, Unit Iklan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan dengan cara apapun tanpa izin dari Google; (iii) meniru, memperkecil, menghapus, atau menghalangi tampilan Halaman web secara utuh dan lengkap yang diakses oleh pengguna akhir setelah mengklik bagian Iklan ("Halaman Pengiklan"), Halaman Hasil Penelusuran, atau Halaman Arahan apapun; (iv) mengarahkan ulang pengguna akhir dari Halaman Pengiklan, Halaman Hasil Penelusuran, atau Halaman Arahan; menyediakan versi Halaman Pengiklan, Halaman Hasil Penelusuran, atau Halaman Arahan yang berbeda dari halaman yang akan diakses pengguna akhir dengan secara langsung membuka Halaman Pengiklan, Halaman Hasil Penelusuran, atau Halaman Arahan; menambahkan konten apapun di antara Iklan dan Halaman Pengiklan, di antara halaman berisi Kotak Penelusuran dan Halaman Hasil Penelusuran, atau antara Tombol Arahan dan Halaman Arahan; atau memberikan apapun selain tautan langsung dari Iklan ke Halaman Pengiklan, dari halaman berisi Kotak Penelusuran ke Halaman Hasil Penelusuran, atau dari Tombol Arahan ke Halaman Arahan; (v) menampilkan Iklan, Tautan, atau Tombol Arahan pada halaman web atau situs web apapun yang berisi konten pornografi, mengandung kebencian, kekerasan, atau ilegal; (vi) secara langsung atau tidak langsung mengakses, menjalankan, dan/atau mengaktifkan Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan melalui, dari, maupun dalam Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan dalam aplikasi perangkat lunak, situs web, maupun yang lainnya selain Properti Anda, kecuali hanya sebatas yang diizinkan secara tersurat dalam Perjanjian ini; (vii) "merayap", "melakukan spider", mengindeks, atau mengumpulkan maupun menyimpan secara permanen informasi dalam tembolok yang diperoleh dari Iklan, Tautan, Hasil Penelusuran, atau Aktivitas Arahan, maupun bagian, salinan, karya turunannya; (viii) melakukan tindakan yang melanggar Kebijakan Program yang ditampilkan di Situs Web Google , sebagaimana direvisi dari waktu ke waktu, atau perjanjian lain antara Anda dan Google (termasuk namun tidak terbatas pada persyaratan program Google AdWords); (ix) menyebarluaskan program jahat; (x) membuat akun baru untuk menggunakan Program setelah Google menghentikan Perjanjian ini dengan Anda sebagai akibat pelanggaran Perjanjian; atau (xi) terlibat dalam tindakan maupun praktik yang berdampak buruk bagi Google atau mempermalukan maupun merendahkan reputasi atau niat baik Google. Anda memahami bahwa upaya keterlibatan atau pelanggaran apapun terhadap hal yang telah disebutkan di atas merupakan pelanggaran material terhadap Perjanjian ini dan kami dapat melakukan semua upaya hukum yang tersedia, termasuk penangguhan akun dengan segera atau penghentian Perjanjian, dan melakukan semua upaya hukum perdata dan pidana yang memungkinkan.
6. Penghentian; Pembatalan. Dengan tunduk pada perjanjian pihak ketiga lain yang mungkin ada antara Anda dengan pelanggan Google lain (misalnya perusahaan hosting web), Anda dapat setiap saat berhenti menampilkan Iklan, Tautan, Kotak Penelusuran, atau Tombol Arahan di Properti dalam Program dengan atau tanpa alasan dengan menghapus Google JavaScript atau program sejenis dari Properti Anda. Anda dapat setiap saat menghentikan Perjanjian ini dengan atau tanpa alasan dengan mengirim pemberitahuan tertulis tentang keinginan membatalkan partisipasi dalam Program ke adsense-support@google.com. Perjanjian ini akan dianggap berakhir dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak Google menerima pemberitahuan Anda. Google dapat memeriksa aktivitas apapun yang mungkin melanggar Perjanjian ini. Google dapat setiap saat menghentikan sebagian atau seluruh Program, menghentikan Perjanjian ini, atau menangguhkan maupun menghentikan partisipasi Properti pada sebagian atau seluruh Program atas kebijaksanaannya sendiri karena alasan apapun. Selain itu, Google berhak menghentikan, tanpa pemberitahuan sebelumnya, akun yang belum menghasilkan jumlah klik yang memadai pada Iklan, Tombol Arahan, atau tayangan Iklan yang valid (masing-masing berdasarkan penilaian Google) selama 2 (dua) bulan atau lebih. Setelah penghentian partisipasi Properti dalam Program atau penghentian Perjanjian ini karena alasan apapun, Pasal 3, 6 hingga 10, dan 14 hingga 17 akan tetap berlaku.
7. Kerahasiaan. Anda setuju untuk tidak mengungkapkan Informasi Rahasia Google tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Google. "Informasi Rahasia Google" mencakup namun tidak terbatas pada: (a) semua perangkat lunak, teknologi, program, spesifikasi, materi, panduan, dan dokumen Google yang terkait dengan Program; (b) rasio klik-tayang atau statistik lain yang terkait dengan kinerja Properti dalam Program yang diberikan oleh Google kepada Anda; dan (c) informasi lain yang ditetapkan secara tertulis sebagai "Rahasia" oleh Google atau ketetapan yang setara. Namun, Anda dapat secara akurat mengungkapkan jumlah pembayaran kotor Google kepada Anda berdasarkan Program. Informasi Rahasia Google tidak mencakup informasi yang telah diketahui secara umum tanpa melalui pelanggaran oleh Anda atau Google, maupun informasi yang (i) didapat secara independen tanpa akses ke Informasi Rahasia Google, sebagaimana dibuktikan secara tertulis; (ii) Anda terima dari pihak ketiga secara sah; atau (iii) wajib diungkapkan menurut undang-undang atau lembaga pemerintah yang berwenang.
8. Tidak Ada Jaminan. Google tidak menjamin tingkat tayangan Iklan atau klik pada Iklan maupun Tombol Arahan, waktu penayangan iklan dan/atau klik, penyelesaian Aktivitas Arahan, atau jumlah pembayaran yang Anda terima dalam Perjanjian ini. Selain itu, untuk menegaskan, Google tidak menjamin bahwa Program akan beroperasi setiap saat atau selama masa nonaktif (i) disebabkan oleh putusnya rangkaian jalur, jaringan, atau server internet publik, (ii) disebabkan oleh kegagalan peralatan, sistem, atau layanan akses lokal, (iii) pada pemeliharaan terjadwal sebelumnya, atau (iv) terkait dengan kondisi di luar kontrol Google (atau anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya) seperti aksi mogok, kerusuhan, kudeta, kebakaran, banjir, ledakan, perang, tindakan pemerintah, kondisi ketenagakerjaan, gempa bumi, bencana alam, atau gangguan layanan internet di wilayah tempat beroperasinya server Anda atau Google (atau anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya).
9. Tidak Ada Jaminan. GOOGLE TIDAK MENJAMIN, SECARA TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA IKLAN, TAUTAN, PENELUSURAN, ARAHAN, MAUPUN LAYANAN LAIN, DAN SECARA TEGAS TIDAK MENJAMIN MENGENAI NONPELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, DAN KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU. JIKA IKLAN, TAUTAN, DAN HASIL PENELUSURAN DIDASARKAN PADA ATAU DITAMPILKAN TERKAIT DENGAN KONTEN NON-GOOGLE, MAKA GOOGLE TIDAK TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS TAMPILAN IKLAN, TAUTAN, DAN HASIL PENELUSURAN TERSEBUT.
10. Batasan Tanggung Jawab; Keadaan Memaksa. KECUALI UNTUK KEWAJIBAN PERLINDUNGAN TERHADAP KERUGIAN DAN KERAHASIAAN YANG TERCANTUM DALAM PERJANJIAN INI ATAU PELANGGARAN ANDA TERHADAP HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL DAN/ATAU KEPENTINGAN EKSKLUSIF TERKAIT DENGAN PROGRAM, (i) DALAM KONDISI APAPUN, MASING-MASING PIHAK TIDAK BERTANGGUNG JAWAB BERDASARKAN PERJANJIAN INI ATAS KERUGIAN KONSEKUENSIAL, KHUSUS, TIDAK LANGSUNG, SEBAGAI PERINGATAN, ATAU SEBAGAI HUKUMAN, BAIK BERDASARKAN KONTRAK, WANPRESTASI, ATAU TEORI HUKUM LAINNYA, MESKIPUN PIHAK TERSEBUT TELAH DIBERITAHUKAN TENTANG KERUGIAN TERSEBUT DAN TANPA MENGABAIKAN KEGAGALAN TUJUAN UTAMA DARI UPAYA HUKUM TERBATAS DAN (ii) KEWAJIBAN KUMULATIF GOOGLE KEPADA PENAYANG DALAM PERJANJIAN INI ATAS SETIAP KLAIM TERBATAS PADA JUMLAH BERSIH YANG DIBAYARKAN GOOGLE KEPADA PENAYANG SELAMA JANGKA WAKTU TIGA BULAN SEGERA SEBELUM TANGGAL PENGAJUAN KLAIM. Setiap pihak memahami bahwa pihak lain yang menyepakati Perjanjian ini mengandalkan batasan kewajiban yang telah disebutkan dan batasan tersebut merupakan dasar penting bagi penawaran antarpihak. Tanpa membatasi hal yang telah disebutkan sebelumnya dan kecuali untuk kewajiban pembayaran, setiap pihak tidak bertanggung jawab atas kegagalan atau keterlambatan yang disebabkan oleh kondisi di luar kontrol yang wajar dari pihak tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pemerintah atau terorisme, gempa bumi, atau bencana alam lainnya, kondisi ketenagakerjaan, dan gangguan listrik.
11. Pembayaran. Anda akan menerima pembayaran yang terkait dengan jumlah klik Iklan yang valid, jumlah tayangan Iklan yang valid, dan jumlah penyelesaian Aktivitas Arahan yang valid melalui Tombol Arahan yang ditampilkan terkait dengan Properti Anda, dan/atau aktivitas yang dilakukan terkait dengan penayangan Iklan di Properti Anda, seperti ditentukan oleh Google untuk peserta Program dalam setiap kasus. Jika Anda memilih untuk menerima Hasil Penelusuran, pembayaran ini akan dikompensasikan dengan biaya yang timbul untuk Hasil Penelusuran. Kecuali jika disetujui lain oleh setiap pihak secara tertulis (termasuk melalui email), pembayaran kepada Anda akan dikirim oleh Google kira-kira dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah akhir setiap bulan di mana Iklan atau Tombol Arahan berjalan di Properti Anda atau Iklan berjalan pada Halaman Hasil Penelusuran jika saldo penghasilan Anda mencapai $100 atau lebih. Jika Perjanjian ini berakhir, Google akan membayarkan saldo penghasilan Anda dalam waktu kira-kira 90 (sembilan puluh) hari setelah akhir bulan di mana Perjanjian dihentikan oleh Anda (setelah Google menerima permintaan tertulis dari Anda, termasuk melalui email, untuk menghentikan Perjanjian) atau oleh Google. Namun, dalam kondisi apapun, Google tidak akan membayar saldo penghasilan yang kurang dari $10. Tanpa mengabaikan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, Google tidak berkewajiban melakukan pembayaran atas: (a) jumlah yang timbul karena pertanyaan yang tidak valid, Aktivitas Arahan yang tidak valid, atau klik maupun tayangan Iklan yang dihasilkan oleh pengguna, bot, program otomatis, atau perangkat sejenis, seperti yang ditetapkan secara wajar oleh Google, termasuk namun tidak terbatas pada klik atau tayangan apapun yang (i) berasal dari alamat IP atau komputer dalam kendali Anda, (ii) diminta berdasarkan pembayaran uang, pernyataan yang salah, atau permintaan ilegal maupun tidak valid agar pengguna akhir menyelesaikan Aktivitas Arahan; (b) Iklan atau Tombol Arahan yang dikirim kepada pengguna akhir yang perambannya menonaktifkan JavaScript; (c) Iklan yang menguntungkan organisasi amal dan Iklan pengganti atau transparan yang mungkin ditampilkan Google; atau (d) klik yang digabungkan dengan sejumlah besar klik tidak valid yang dijelaskan pada (a) di atas, atau akibat pelanggaran Perjanjian ini oleh Anda dalam jangka waktu pembayaran yang berlaku. Google berhak menangguhkan pembayaran atau menagih kembali akun Anda karena alasan apapun yang disebutkan di atas atau pelanggaran Perjanjian ini oleh Anda selama berlangsungnya pemeriksaan yang wajar oleh Google atas hal-hal yang disebutkan di atas atau pelanggaran Perjanjian ini oleh Anda, atau dalam hal pengiklan yang Iklannya ditampilkan terkait dengan Properti Anda tidak melakukan pembayaran untuk Iklan tersebut kepada Google. Selain itu, jika Anda terlambat melakukan pembayaran kepada Google terkait dengan program Google (termasuk namun tidak terbatas pada program Google AdWords), maka Google berhak menangguhkan pembayaran hingga semua pembayaran terutang diselesaikan atau menjumpakannya dengan pembayaran yang terutang kepada Anda terkait dengan Program tersebut sebesar jumlah utang Anda kepada Google. Untuk memastikan pembayaran yang tepat, Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk menyediakan serta selalu menginformasikan alamat yang benar dan informasi kontak lainnya sekaligus informasi pembayaran yang terkait dengan akun Anda. Untuk pembayar pajak di A.S., informasi ini mencakup namun tidak terbatas pada nomor identitas pajak A.S. dan Formulir W-9 yang telah dilengkapi. Untuk pembayar pajak di luar A.S., informasi ini mencakup namun tidak terbatas pada pernyataan yang telah ditandatangani bahwa pembayar pajak tidak melakukan Aktivitas di A.S. (seperti dijelaskan di Google AdSense: Halaman Informasi Pajak yang terdapat di https://www.google.com/adsense/taxinfo, maupun URL lain yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu) atau Formulir W-8 maupun formulir lainnya yang telah dilengkapi, dan mungkin memerlukan nomor identitas pajak A.S. yang valid, sesuai permintaan otoritas pajak di A.S. Biaya bank yang terkait dengan cek yang dikembalikan atau dibatalkan karena kesalahan maupun kurangnya informasi kontak atau pembayaran dapat dipotong dari pembayaran baru yang diberikan. Anda setuju untuk membayar semua pajak atau biaya berlaku yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah, terkait dengan partisipasi Anda dalam Program. Google dapat setiap saat mengubah struktur pembayaran dan/atau biaya. Jika Anda mengajukan keberatan terhadap pembayaran dalam Program, Anda harus memberitahukannya kepada Google secara tertulis dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak pembayaran tersebut; kelalaian untuk memberitahukannya kepada Google akan dianggap sebagai pengesampingan hak klaim apapun oleh Anda terkait dengan pembayaran yang dimaksud. Pembayaran hanya akan dihitung berdasarkan data yang dimiliki Google. Penghitungan atau statistik lain tidak akan diterima oleh Google atau memiliki pengaruh dalam Perjanjian ini. Pembayaran dalam Perjanjian ini hanya digunakan oleh Anda dan tidak dapat ditransfer atau dialihkan dengan cara apapun kepada pihak ketiga (yakni didistribusikan ke Properti yang dikelola oleh Anda, sehingga diperlukan pembayaran terpisah), kecuali jika diizinkan secara tertulis oleh Google (termasuk melalui email). Google dapat setiap saat menangguhkan dana, pembayaran, dan biaya lainnya yang harus dibayarkan kepada Anda terkait dengan Program AdSense. Anda memahami dan menyetujui bahwa Google dapat, tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Anda, memberikan kontribusi kepada organisasi amal yang dipilih Google untuk semua dana, pembayaran, dan biaya lain yang terkait dengan Program AdSense yang dimiliki Google dan terutang kepada Anda (jika ada), namun tidak dapat dibayarkan atau diberikan kepada Anda karena akun Anda Tidak Aktif (seperti dijelaskan di bawah ini). Tidak Aktif berarti bahwa berdasarkan data Google: (a) selama jangka waktu 2 (dua) tahun atau lebih, Anda tidak masuk ke akun Anda atau menerima dana, pembayaran, maupun biaya lain yang berusaha dibayarkan atau diberikan Google kepada Anda, dan (b) Google tidak dapat menghubungi Anda, atau tidak menerima petunjuk pembayaran yang memadai dari Anda, setelah menghubungi Anda di alamat yang terdapat dalam data Google.
12. Publisitas. Anda setuju bahwa Google dapat menggunakan nama dan logo Anda dalam presentasi, materi pemasaran, daftar pelanggan, laporan keuangan, daftar pelanggan di situs web, Halaman Hasil Penelusuran, dan Halaman Arahan. Jika Anda ingin menggunakan nama dagang, merek dagang, merek layanan, logo, nama domain Google, dan fitur merek unik Google lainnya ("Fitur Merek"), Anda dapat melakukannya selama penggunaan tersebut mematuhi Perjanjian ini dan mematuhi panduan penggunaan Fitur Merek Google yang berlaku saat itu, serta konten yang terdapat atau direferensikan di dalamnya, dan panduannya dapat ditemukan di URL berikut: http://www.google.co.id/permissions/guidelines.html (atau URL lain yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu).
13. Pernyataan dan Jaminan. Anda menyatakan dan menjamin bahwa (a) semua informasi yang disediakan oleh Anda kepada Google untuk bergabung dalam Program adalah benar dan terkini; (b) Anda merupakan pemilik atas Properti atau Anda diberi kewenangan secara hukum untuk bertindak atas nama pemilik Properti tersebut untuk keperluan Program dan Perjanjian ini; (c) Anda memiliki semua hak, kuasa, dan kewenangan yang diperlukan untuk menyepakati Perjanjian ini dan melakukan tindakan yang harus dilakukan Anda berdasarkan Perjanjian ini; dan (d) Anda telah mematuhi dan akan terus mematuhi semua undang-undang, ketetapan, ketentuan, dan peraturan (termasuk namun tidak terbatas pada CAN-SPAM Act tahun 2003 serta hukum privasi atau perlindungan data yang relevan) dalam tindakan Anda berdasarkan Perjanjian ini. Selain itu, jika Situs Anda adalah pemutar media (1) Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki lisensi yang valid untuk menggunakan dan mendistribuskan pemutar media tersebut (termasuk semua konten di dalamnya, termasuk namun tidak terbatas pada Iklan atau Unit Iklan) untuk keperluan Program dan Perjanjian ini; dan (2) Anda harus memastikan bahwa pemutar media yang terdapat di Situs tersebut akan mematuhi syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian ini. Selanjutnya Anda menyatakan dan menjamin bahwa setiap Properti dan materi apapun yang ditampilkan di dalamnya: (i) mematuhi semua undang-undang, ketetapan, ketentuan, dan peraturan yang berlaku; (ii) tidak melanggar atau belum pernah melanggar kewajiban atau hak pihak atau entitas manapun, termasuk namun tidak terbatas pada, hak atas kekayaan intelektual, publisitas atau privasi, maupun hak atau kewajiban berdasarkan perlindungan konsumen, kewajiban produk, wanprestasi, atau teori kontrak; dan (iii) tidak berisi konten pornografi, mengandung kebencian, atau kekerasan.
14. Kewajiban Anda untuk Memberikan Perlindungan Terhadap Kerugian. Anda setuju untuk melindungi, membela, dan membebaskan Google, agen, afiliasi, anak perusahaan, direktur, pejabat, karyawan, dan pihak ketiga yang sesuai (misalnya pengiklan, mitra sindikasi, pemberi lisensi, pemegang lisensi, konsultan, dan kontraktor yang relevan) (bersama-sama disebut "Pihak yang Dilindungi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, kewajiban, kerugian, dan biaya pihak ketiga (termasuk penetapan ganti rugi, biaya penyelesaian perdamaian, dan biaya hukum yang wajar) yang diminta kepada Pihak yang Dilindungi, yang timbul, terkait dengan, atau disebabkan oleh penggunaan Program, Properti oleh Anda, dan/atau pelanggaran persyaratan Perjanjian ini oleh Anda.
15. Hak Google. Anda memahami bahwa Google memiliki semua hak, kuasa, dan kepentingan, termasuk namun tidak terbatas pada, semua Hak Atas Kekayaan Intelektual (seperti dijelaskan di bawah ini) dalam dan terhadap Program (termasuk teknologi penayangan iklan, teknologi penelusuran, dan Fitur Merek Google, termasuk lisensi tersirat, kecuali item yang diberikan lisensinya oleh Google dari pihak ketiga dan kecuali pemutar media pihak ketiga dalam Properti), dan Anda tidak akan memiliki hak, kuasa, atau kepentingan dalam dan terhadap Program, kecuali seperti yang dinyatakan secara tertulis dalam Perjanjian ini. Anda tidak akan memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, mempersiapkan karya turunan, menguraikan, merekayasa balik, membongkar, atau mencoba mengambil kode sumber dari layanan, perangkat lunak, atau dokumen Google, maupun membuat atau berupaya membuat layanan maupun produk pengganti atau yang mirip melalui penggunaan atau pengaksesan Program maupun informasi eksklusif yang terkait. Anda tidak akan menghapus, menyamarkan, atau mengubah pemberitahuan hak cipta, Fitur Merek, atau pemberitahuan hak eksklusif Google yang melekat atau terdapat dalam layanan, perangkat lunak, atau dokumen Google (termasuk namun tidak terbatas pada tampilan Fitur Merek Google pada Iklan, Tautan, Kotak Penelusuran, dan/atau Tombol Arahan, jika ada). "Hak Atas Kekayaan Intelektual" adalah setiap dan semua hak yang tersedia setiap saat berdasarkan undang-undang paten, undang-undang hak cipta, undang-undang perlindungan chip semikonduktor, undang-undang hak moral, undang-undang rahasia dagang, undang-undang merek dagang, undang-undang persaingan tidak sehat, undang-undang hak publisitas, undang-undang hak privasi, serta setiap dan semua hak eksklusif lainnya, sekaligus setiap dan semua aplikasi, pembaruan, perluasan, pemulihan, dan pengembaliannya, yang berlaku sekarang atau di masa mendatang di seluruh dunia.
16. Hak Informasi. Google dapat menyimpan dan menggunakan, dengan tunduk pada persyaratan Kebijakan Privasi Google (terdapat di http://www.google.co.id/privacy.html, atau URL lain yang mungkin disediakan Google dari waktu ke waktu), semua informasi yang Anda berikan, termasuk namun tidak terbatas pada, informasi penagihan dan kontak serta demografi Properti. Anda setuju bahwa Google dapat mentransfer dan mengungkapkan informasi identitas pribadi tentang Anda kepada pihak ketiga untuk menyetujui dan mengaktifkan partisipasi Anda dalam Program, termasuk kepada pihak ketiga yang berada di wilayah hukum dengan undang-undang data yang tidak seketat undang-undang di wilayah hukum Anda. Google juga dapat memberikan informasi terkait dengan proses hukum yang valid, seperti panggilan pengadilan, perintah penggeledahan, dan perintah pengadilan, atau menegakkan maupun menerapkan hak hukum maupun melakukan pembelaan terhadap gugatan hukum. Namun, Google tidak bertanggung jawab dan tidak akan berkewajiban kepada Anda atas pengungkapan informasi tersebut oleh pihak ketiga tersebut. Google dapat memberikan informasi selain identitas pribadi tentang Anda, termasuk URL Properti, statistik khusus Properti, dan informasi sejenis yang dikumpulkan oleh Google, kepada pengiklan, mitra usaha, sponsor, serta pihak ketiga lainnya. Selain itu, Anda memberikan hak kepada Google untuk mengakses, mengindeks, dan menyimpan Properti maupun sebagian Properti dalam tembolok, termasuk melalui cara otomatis, yang mencakup spider atau perayap web.
17. Ketentuan Lain. Perjanjian ini diatur oleh hukum California, kecuali prinsip-prinsip konflik antar-hukum yang diatur di dalamnya. Perselisihan atau klaim apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan Perjanjian ini akan diputuskan di Santa Clara County, California. Secara khusus, para pihak mengesampingkan pemberlakuan United Nations Convention on Contract for the International Sale of Good and Uniform Computer Information Transaction Act (Konvensi PBB Tentang Kontrak Penjualan Barang Internasional dan Undang-Undang Keseragaman Transaksi Informasi Komputer) terhadap Perjanjian ini. Perjanjian ini merupakan keseluruhan perjanjian antara para pihak tentang materi pokok yang tercantum di dalamnya. Perubahan apapun terhadap Perjanjian ini harus dibuat secara tertulis oleh kedua pihak, melalui persetujuan online oleh Anda terhadap ketentuan-ketentuan terbaru, atau setelah Anda melanjutkan partisipasi dalam Program setelah persyaratan tersebut diperbarui oleh Google. Kelalaian meminta diterapkannya ketentuan apapun tidak akan mempengaruhi hak salah satu pihak untuk setiap saat meminta diterapkannya ketentuan tersebut setelahnya, dan pengesampingan terhadap pelanggaran atau kelalaian mematuhi Perjanjian ini tidak akan menyebabkan pengesampingan terhadap pelanggaran maupun kelalaian berikutnya atau pengesampingan terhadap ketentuan yang terkait. Jika ketentuan dalam Perjanjian ini tidak dapat diberlakukan, maka ketentuan tersebut akan diubah untuk mencerminkan maksud dari para pihak dan ketentuan lainnya dalam Perjanjian ini akan tetap memiliki kekuatan hukum penuh. Anda tidak boleh menjual kembali, memberikan, atau mentransfer hak Anda dalam Perjanjian ini. Upaya tersebut dapat menyebabkan dihentikannya Perjanjian ini, tanpa tanggung jawab dari Google. Tanpa mengesampingkan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, Google dapat setiap saat mengalihkan Perjanjian ini kepada afiliasinya tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hubungan antara Google dan Anda bukan merupakan hubungan hukum kemitraan, melainkan merupakan hubungan kontrak yang independen.
25 Februari 2008
3 comments:
Did you know that you can earn money by locking premium pages of your blog / website?
Simply open an account on Mgcash and embed their Content Locking tool.
If you're looking for a solid contextual ad company, I recommend you take a look at Chitika.
I've used Kaspersky protection for a couple of years, I'd recommend this product to all you.
Post a Comment